Minggu, 05 Juli 2015

Danau Siombak Tempat Wisata di Kota Medan

Danau Siombak

Danau Siombak Tempat Wisata di Kota Medan- Bicara tentang danau di Sumatera Utara, pasti di dalam benak pikiran anda langsung muncul namanya Danau Toba ataupun Danau Lau kawar. Namun kebanyakan dari para pengunjung wisata belum mengetahui objek wisata danau yang lainnya yang ada di Sumatera Utara. Tepatnya di Medan terdapat sebuah danau buatan yang luasnya kurang lebih 40 ha dan mempunyai kedalaman sekitar 12 m. Apakah nama Danau tersebut ? dan dimana letak lokasi wisata danau tersebut ? pasti anda semua penasaran bukan, yap..nama danau tersebut adalah Danau Siombak Berada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara.

Danau Siombak ini merupakan danau buatan yakni bekas kerukan, yang pada saat itu dibangun Jalan Tol Balmera pada Kawasan Belawan dan Tanjung Morawa. Untuk kebutuhan pasir dari danau ini lah diambil untuk pembangunan Jalan Tol. Disinilah asal air danau tersebut sehingga terbentuklah sebuah danau yang penduduk setempat menyebutnya dengan sebutan Danau Siombak

Danau Siombak

Jalur untuk menuju ke lokasi Danau Siombak ini dimulai dari Kantor Pos Pusat Medan, Setelah itu menuju ke arah belawan dengan melewati jalan KL Yos Sudarso dan melewati Jembatan layang yang ada di Medan Marelan. Kemudian setelah sampai di persimpangan, masyarakat setempat sering menyebutnya simpang kantor anda berbelok ke kiri, kemudian terus saja sampai anda menemukan Jalan Pasar Nippon. Setelah anda sampai di Jalan Pasar Nippon anda terus saja sehingga menemui persimpangan untuk menuju kelokasi danau. Di persimpangan tersebut ada dua arah untuk mencapai kelokasi wisata jika anda berbelok ke arah kiri maka anda akan ke museum cina dan sebaliknya jika ke arah kanan maka anda dibawa menuju  ke danau Siombak seperti gambar dibawah ini. 

Pada Jumat, 26 Juni 2015 saya bersama sahabat saya yaitu Weenmeen, Rian dan Badi mengunjungi Danau Siombak untuk mencari tahu dimana keberadaan Danau Siombak tersebut. Kami mengunjungi lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dengan waktu tempuh sekitara 45 Menit perjalanan dari titik pusat kota Medan yaitu Kantor Pusat Pos Medan, Untuk mencapai kelokasi Danau Siombak tersebut, kami hanya bermodal dengan bertanya  kepada masyarakat sekitar karena memang kami sama sekali tidak tahu letak pastinya dimana, yang kami tahu hanya berada di Medan Marelan. Berkat oleh bertanya kepada masyarakat sekitar, kami pun sampai dilokasi Danau Siombak.

Danau Siombak

Biaya masuk ke lokasi Danau Siomabak hanya Rp.2000/orang dan parkir kendaraan hanya Rp.1000. Di luar Danau Siombak ini juga terdapat Sebuah Restoran Kuliner dan juga tempat pemancingan ikan diperuntukkan bagi pengunjung yang hobi memancing.

Danau Siombak

Warga sekitar banyak yang mengunjungi Danau Siombak ini untuk berlibur dan refresing bersama keluarga, para warga menjadikan Danau Siombak ini sebagai tempat liburan favorit mereka. Dilokasi Danau Siombak ini anda juga bisa memancing ikan dengan membawa peralatan pancing anda, selain bisa bersantai dan memandangi pesona Danau Siombak anda pun bisa memancing ikan dengan bebas di Danau Siombak ini. 

Danau SiombakFasilitas yang di sediakan oleh pihak pengelola di Danau Siombak ini diantaranya yaitu pondok-pondok untuk beristirahat dan bersantai, tentunya pondok tersebut disewakan, serta permainan anak- anak, perahu dayung, Speed Boad dan masih banyak lagi yang lainya.Sebelum kami mengakhiri perjalanan ke Danau Siombak ini kami pun berfoto bersama untuk mengabadikan momen yang indah ini, tanpa mengabadikan foto dilokasi wisata rasanya hampa dan tak puas

Danau Siombak
Danau Siombak

Bagaiman menurut anda, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Danau Siombak ? ayo tunggu apa lagi segera kunjungi wisata Danau Siombak sebagai salah satu tempat liburan yang ada di Kota Medan bersama teman ataupun keluarga anda. Demikianlah penelusuran kami ke Danau Siombak Tempat Wisata di Kota Medan, semoga bermanfaat . .

3 komentar:

  1. itu bisa melihat sunset gitu di danau siombak? :O

    BalasHapus
  2. Thanks mas Irham Maulana :)
    Mas Fahmi, betul di danau siombak Medan ini kita bisa melihat sunset,,kalau mau mencobanya silahkan datang ke Medan mas..hehehe :)

    BalasHapus
  3. jenis ikannya apa saja yang ada di dalam danau siombak untuk mancing?

    BalasHapus