Kamis, 08 Oktober 2015

Air Terjun Namu Belanga, Langkat, Sumatera Utara

Air Terjun Namu Belanga, Langkat, Sumatera Utara - Keindahan alam Air Terjun Sumatera Utara memang tidak habis-habisnya, dari setiap air terjun mempunyai keunikan yang tersendiri ataupun mempunyai ciri khas tersendiri. Seperti air terjun Namu Belanga yang kami kunjungi ini tepatnya pada 10 juli 2015, saya beserta para sahabat saya mengunjungi air terjun Namu Belanga. Kami datang dari Medan menuju lokasi air terjun namu belanga menggunakan kendaraan sepeda motor. Waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan rute Medan - Binjai (BSM) -Simpang Tanah Seribu -Asrama Raider Namu Ukur -Polsek Sei Bingei - Simpang Pekan Namuukur - Rumah Galuh - Pos Guide Namu Belanga dan lokasi yang dituju Air Terjun namu Blanga.

Sesampainya di pos Guide Namu Belanga, kami langsung bernegoisasi harga untuk diantar kelokasi air terjun dengan pihak pengelola. Negoisasi pun selesai dengan harga Rp.35.000 / orang. Kami pun langsung diantar oleh Guide yang telah ditunjuk oleh pihak pengelola, untuk menuju pos ke dua kami harus mengendarai sepeda motor sekitar 2 km perjalanan. Setelah sampai di pos yang kedua kami pun melanjutkan perjalanan dengan tracking sekitar 20 menit perjalanan agar sampai dilokasi.

Tak lama kemudian kami pun sampai di lokasi Air Terjun Namu Belanga, kami pun sudah tidak sabar untuk menyebur karena air nya biru bening sebening kaca cui . .hehehee. Satu persatu kami pun menyebur airnya sangat dingin dan sangat jernih. Baru kali ini kami menjumpai air terjun yang mepunyai air terjunnya sangat benih dan bening. kami pun merasa sangat senang dan gembira terbalaskan semua rasa penat untuk mencapai air terjun namu belanga ini.

Air Terjun Namu Belanga, Langkat, Sumatera Utara

Kami pun tidak melewatkan terjun dari ketinggian, kami menaikki tebing-tebing yang berada di aliran air terjun namu belanga tersebut. Setelah kami sampai diatas kami loncat kebawah, namun dengan sedikit rasa cemas karena tebingnya licin. Setelah puas bermain air di air terjun namu belanga kamipun melanjutkan perjalanan karena rangger kami mengajak kami untuk mengunjungi air terjun yang lainnya selain air terjun namu belanga disini juga terdapat air terjun yang tidak kalah bagus yaitu air terjun siluman, dinamakan air terjun siluman dikarenakan debit air terjun ini tidak menentu kadang deras kadang tidak seperti di hari hujan turun kadang debit airnya tidak deras dan begitu juga sebaliknya di cuaca kemarau tiba-tiba debit airnya sangat deras. Nah dari situlah dikatakan air tejun ini air terjun siluman.

Kami pun melanjutkan perjalanan menuju air terjun siluman, jarak air terjun siluman ini tidak jauh dari lokasi air tejun namu belanga. Tak lama kemudian kami pun sampai di air terjun siluman kami disuguhkan dengan air terjunnya yang deras. kamipun langsung mendekat dan menikmati kesegaran air nya yang sangat dingin.

Setelah kami berpuas bermain air dibawah air terjun siluman kami pun bergegas balik ke pos karena haripun sudah menunjukkan pukul 3 sore. kamipun lekas bergerak agar tidak kemalaman sampai dirumah kami masing-masing yang berada di medan.

Demikianlah tentang cerita singkat kami mengunjungi Air Terjun Namu Belanga, Langkat, Sumatera Utara semoga dapat menambah daftar destinasi perjalanan liburan teman-teman sampai jumpa lagi . . .

1. Rute perjalanannya bagaimana mulus atau rusak bg?

Balasan
    1. Sampai posko rumah galuh rute nya oke mbak, posko menuju air terjun namu belanganya kita harus ekstra hati hati mbak. Karena masih cadas rutenya mbak.

Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

3. Halo, rencana nov'16 mau berangkat ke medan... Kira harga awal berapa ya ? Soalnya mau solo bacpakeran

Balasan
    1. Kalau dari medan kita bisa menggunakan kendaraan sepeda motor atau pun kendaraan roda empat. alangkah baiknya kita naik sepeda motor biar lebih seru :). untuk menuju ke objek wisata air terjun namu belanga dari posko ke objek wisatanya kita harus di pandu oleh guide dengan membayar 40 ribu rupiah/org nya kalau kita datang berkelompok /diatas 4 org. kalau datang solo/sendiri kita nego dengan guide nya, biasanya lebih mahal kalau kita solo.

Hapus
  4. wahh airnya jernih yaa.. enak buat berendam tuh ..

5. iya bener mbak endah, air nya sangat bening dan seger. :)