Senin, 26 Desember 2016

Berbagai Pesona Eksotis di Pulau Semau Kupang yang Tiada Habisnya

Para traveler yang mengaku pecinta pantai harus mengunjungi salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur. Pulau tersebut akan memanjakan para pengunjung dengan barisan pantainya yang memukau. Namanya masih terdengar asing dan tidak populer, tapi keindahan pulau ini akan membuat pengunjung ketagihan. Pulau tersebut bernama Pulau Semau.


Lokasi Wisata Pulau Semau

Semau merupakan salah satu pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berjarak tidak begitu jauh dari pusat kota Kupang. Para pengunjung dapat sampai ke Pulau semau melalui Pelabuhan Tenau yang terletak di Kupang. Setelah menyeberang selama kurang lebih 30 menit, Anda akan sampai di Pelabuhan Onan Batu yang terletak di pinggir bibir Pulau Semau.

Penyeberangan menuju Pulau Semau umumnya dilakukan dengan kapal-kapal motor milik warga sekitar Pulau tersebut. Sepanjang perjalanan menuju pulau semau, Anda akan melihat hamparan pantai-pantai cantik dan masih alami karena belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahil manusia. Setelah sampai di Pelabuhan Onan Batu, Anda akan disambut tawaran beberapa ojek untuk berkeliling di pulau tersebut.

5 Hamparan Pantai Eksotis di Pulau Semau

Anda yang mengaku anak pantai, akan menemukan surga Anda di pulau Semau. Terdapat lebih dari lima pantai eksotis dan dua kolam penyu yang menanti kedatangan para pengunjung. Berikut ini hamparan pantai-pantai mengagumkan yang bisa Anda temui di Pulau Semau:

Berbagai Pesona Eksotis di Pulau Semau Kupang yang Tiada Habisnya

1. Pantai Liman
Pantai ini terletak di dekat sebuah bukit bernama bukit Liman. Para pengunjung dapat menaiki bukit Liman sehingga bisa memandang ke segala penjuru dan menikmati hamparan air yang luas dan bersih. Pantai ini dianggap spot paling indah di Pulau semau karena pantai ini tidak hanya bersanding dengan bukit, namun juga memiliki garis pantai yang menyambung indah dengan pantai sebelumnya.

2. Pantai Otan
Pantai dengan garis pantai sangat panjang ini tergolong sangat sepi dan sunyi. Pantai yang memiliki struktur landai ini memiliki riak ombak yang kecil dan menenangkan. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan membaca buku di bawah pohon-pohon rindang.

3. Pantai Uih Make
Pantai yang terletak di bawah bukit ini memiliki pasir yang sangat halus. Pantai uih make juga mempunyai berbagai bebatuan karang yang terletak di ujung pantainya.

4. Pantai Onanbalu
Pantai dengan karakteristik panjang ini berlokasi di teluk Onanbalu. Saat berkunjung di pantai ini, Anda dapat menyaksikan petani rumput laut dan bocah-bocah kecil bermain di sekitar pantai. Spot paling menarik di pantai ini adalah di bwah pohon-pohon perdu yang berada di pinggir pantai Onanbalu.

5. Pantai Letbaun
Lokasi Pantai Letbaun tidaklah jauh dari salah satu goa di pulau semau yakni goa Letbaun. Sesampainya di pantai ini, Anda akan melihat ujung pantai yang diisi dengan rumah-rumah tempat menyimpan rumput laut. Anda juga akan menemukan banyak sapi milik warga berkeliaran di sepanjang jalan pulau ini.
Di pantai Letbaun juga terdapat tempat pembuatan garam tradisional yang masih menggunakan kerang-kerang kima sebagai tempat menampung air laut.

Batu Penyembahan Pulau Semau

Salah satu lokasi yang paling membuat penasaran banyak pengunjung adalah batu penyembahan. Batu penyembahan ini merupakan sebuah batu berukuran raksasa yang terdapat di Pantai Letbaun. Sesuai namanya, konon batu ini digunakan untuk melakukan penyembahan terhadap berhala.

Jika Anda menaiki batu karang yang ada di dekat batu penyembahan ini, Anda akan menemukan pantai tersembunyi. Pantai ini terletak di bawah batu karang tersebut dan hanya bisa dinikmati keindahannya dari atas pantai. Tidak semua orang mengetahui keberadaan pantai tersembunyi yang sangat indah ini.

Kolam Penyu di Pulau Semau

Selain terdapat pantai-pantai yang sangat memukau, di Pulau semau juga terdapat kolam penyu. Lokasi kolam yang terbentuk secara alami ini berada di belakang SD Otan. Di kolam ini, terdapat beberapa penyu yang tidak diketahui asalnya serta beberapa ikan berbagai ukuran. Sayangnya, kolam ini seringkali digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat mencuci baju.

Nah itu tadi adalah gambaran keindahan alam yang bisa dikunjungi di Pulau Semau. Lokasi-lokasi yang sangat tepat untuk mengisi liburan Anda, menjauhi rutinitas pekerjaan, serta mengembalikan semangat Anda. Jiwa petualang Anda juga akan tertantang kembali dengan berkunjung ke pulau ini.


2 komentar: