Rabu, 28 Desember 2016

Pulau Komodo, Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia yang Mendunia

Pulau Komodo adalah salah satu objek wisata yang sudah terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Pulau ini merupakan habitat asli hewan komodo, yaitu sejenis kadal raksasa purba pemakan daging. Selain karena di pulau komodo ada hewan endemik yang sangat langka, keindahan alam pulau ini membuat wisatawan baik domestik ataupun mancanegara terkagum-kagum dan betah berlama-lama di pulau ini.

Pulau Komodo, Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia yang Mendunia


Karakteristik Pulau Komodo


Selain telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, Pulau Komodo juga baru baru ini berhasil terpilih sebagai salah satu dari New 7 Wonders of Nature dengan tempat wisata lainnya, yaitu Hutan Amazon, Air Terjun Iguazu, Teluk Halong, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Table Mountain, dan Pulau Jeju. Hal ini menambah daya tarik Pulau Komodo dan meningkatkan pengunjung di seluruh dunia.

Pulau komodo memang identik dengan habitat komodo yang merupakan hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang hampir punah. Selain di Pulau Komodo, hewan ini juga tinggal di beberapa pulau lainnya yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Rinca, Pulau Pandar, dan pulau-pulau kecil lainnya. Di Pulau Komodo ini sendiri ditinggali oleh sekitar 2000 ekor hewan Komodo yang dibiarkan hidup di alam bebas.

Tujuannya memang untuk melestarikan hewan komodo yang hampir punah, dan tentunya keberadaan komodo di alam bebas ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengunjung dapat menyaksikan komodo yang berkeliaran dan mencari mangsanya di pulau ini. Nah, maka dari itu sangat penting sekali untuk berkeliling bersama pemandu saat berada di Pulau Komodo agar tetap aman.

Selain melihat habitat asli komodo dan menyaksikan komodo dari dekat, pulau ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan dan asri. Di pulau ini terdapat beberapa pantai yang sangat indah dan sayang untuk di lewatkan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Di Pulau Komodo

Pulau Komodo, Destinasi Wisata Kebanggaan Indonesia yang Mendunia

Pantai pertama yang wajib di kunjungi saat di Pulau Komodo adalah Pantai Pulau Komodo. Di pantai ini lah terdapat banyak komodo yang berkeliaran. Selain komodo, di pulau ini juga terdapat hewan lainnya seperti rusa, kuda, biawak, ular, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat melihat binatang tersebut berkeliaran di alam bebas seperti halnya komodo.

Untuk menikmati keberagaman satwa yang ada di Pulau ini pengunjung dapat melakukan trekking bersama jagawana atau pawang komodo. Selain akan memandu perjalanan saat berkeliling di Pulau Komodo, jagawana bertugas untuk melindungi pengunjung dari serangan komodo. Saat melakukan trekking pengunjung akan diajak melewati water hole, yaitu tempat beristirahat dan minum komodo. Pengunjung akan melihat komodo yang sedang berteduh dan minum di sekitar tempat ini.

Saat sedang trakking, pengunjung akan dibekali dengan tongkat dengan ranting yang bercabang dua untuk melemahkan komodo jika tiba tiba menyerang atau mengejar. Caranya adalah dengan menekan leher komodo dengan ujung tongkat yang bercabang dua tersebut sehingga komodo lemah dan tidak jadi menyerang.

Pantai kedua yang wajib dikunjungi adalah pantai pink atau pink beach. Namun penduduk sekitar menyebutnya dengan  pantai merah. Disebut demikian karena warna pasir pantai ini adalah pink atau merah muda. Warna pink di pantai ini akan semakin terlihat jelas jika pasir pantainya basah terkena air laut. Pasir di pantai ini berwarna merah muda karena adanya serpihan koral berwana merah muda yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai. Dan ternyata didunia pantai dengan karakteristik berwarna pink seperti ini hanya ada tujuh. Wow...


Transportasi dan Akomodasi Manuju Pulau Komodo


Untuk berkunjung ke tempat ini pengunjung dapat menempuh perjalanan udara atau darat dan laut. Jika pengunjung memilih menggunakan perjalanan udara, terdapat pesawat yang langsung sampai di Labuhan Bajo dari Bandar Udara Ngurah Rai Bali. Setelah itu dilanjutkan dengan naik kapal feri ke Pulau Komodo.

Namun jika pengunjung memilih perjalanan darat atau laut, bisa melalui bali dan lombok terlebih dahulu dan selanjutnya ke Sumbawa lalu dilanjutkan ke Pulau Komodo menggunakan perahu motor atau kapal feri. Dan jika pengunjung ingin menikmati suasana liburan yang lebih mengasikkan, pengunjung dapat memilih “Live on Board” dengan harga 175 USD sampai 10.000 USD. Asyik bukan?

3 komentar:

  1. Keren gan, wisata kemanaaja makin keren saja. Bagi" lah tipsnya bro

    BalasHapus
  2. Enak juga ksini, soalnya untuk kesana, bisa juga menikmati wisata sumbawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas ridsal,bisa sekalian berwisata ke sumbawa

      Hapus