Senin, 02 Januari 2017

Segala Pesona Pantai Matras Bangka Belitung yang Tiada Duanya

Berwisata ke pantai bisa menjadi salah satu alternatif untuk menikmati suasana baru dengan disertai deburan ombak dan angin yang mungkin cukup untuk membawa terbang beban pikiran Anda. Apalagi dengan didukung banyaknya pantai yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi di Indonesia sehingga Anda pun tidak perlu bingung-bingung lagi mencari pantai mana yang akan Anda tuju.

Segala Pesona Pantai Matras Bangka Belitung yang Tiada Duanya

Dan diantara sekian banyak pantai yang menawarkan keindahan dan beberapa keisitimewaan yang menjadikannya berbeda dengan pantai yang lainnya ialah Pantai Matras. 

Apakah Anda sudah dengar nama pulau tersebut? memang sih namanya tidak sepopuler Pulau Bali, atau pulau terkenal lainnya, tetapi walaupun pulau ini kurang begitu populer, tetapi jangan salah, jangan beranggapan jika pulau ini tidak keren. Oke daripada penasaran berikut sedikit review mengenai segala pesona yang ada di pulau ini.


Lokasi Pantai Matras

Pantai Matras ini berada di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Lebih jelasnya di Desa Matras yang termasuk dalam Kelurahan Sinar Jaya di Kecamatan Sungailiat. Pantai yang juga menjadi spot wisata andalan Bangka Belitung ini,  berjarak kira-kira 40 kilometer dari Pangkalpinang. Sedangkan jika dari Sungailiat, jaraknya kira-kira 7 kilometer dan berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Karena posisinya itulah Pantai Matras ini mengalami abrasi selama beberapa tahun terakhir, apalagi didukung dengan kekuatan gelombang laut yang setiap tahunnya selalu bertambah. Tetapi, tampaknya hal tersebut tak membuat surut keindahan dan segala pesona dari Pantai Matras ini.


Apa yang istimewa di pulau matras ini?

Begitu Anda sampai di Pantai Matras, Anda akan disapa oleh pemandangan dengan panorama yang luar biasa . Anda juga akan disambut oleh hamparan pasir putih yang cantik dan lembut dan ditambah dengan bebatuan yang ada di sekelilingnya.

Pantai Matras juga memiliki nama lain, yaitu Pantai Surga. Nama ini tidaklah berlebihan karena memang Pantai Matras memiliki keindahan yang luar biasa. Dengan dilatar belakangi oleh pepohonan kelapa dengan daunnya yang melambai-lambai dan adanya aliran sungai tawar di dekat pantai juga menambah daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Matras ini.

Tak hanya dijuluki sebagai Pantai Surga, Pantai Matras juga disebut dengan Pantai Rakyat karena harga tiketnya yang murah dan lokasinya yang mudah dijangkau. Panjang Pantai Matras adalah sejauh 3 kilometer dengan lebar sekitar 20 hingga 30 meter dan pemandangannya terbagi menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan.

Jika Anda memandang ke arah selatan, Anda akan melihat bebatuan granit yang cantik dan khas dari Pulau Bangka. Dan jika Anda berbalik memandang ke arah utara, Anda akan menemukan pasir putih yang luas di hadapan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menginap, jangan khawatir karena di sekitar Pantai Matras ini terdapat penginapan, hotel, resort dan tempat hiburan dan beberapa fasilitas yang lainnya seperti cafe, kolam renang, restoran dan bahkan sport centre.

Pemandangan malam Pantai Matras pun tak kalah indahnya. Anda akan melihat jajaran perahu nelayan lokal yang berkelap kelip untuk menangkap ikan di lautan. Apalagi di tempat yang terbuka ini Anda juga bisa menikmati pemandangan langit yang bahkan mungkin jarang untuk Anda nikmati sebelumnya.

Ingin membawa oleh-oleh dari Pantai Matras? Tenang, karena di pantai ini Anda akan menjumpai banyak orang yang menjual souvenir yang bisa Anda beli serta oleh-oleh yang khas dari daerah Bangka seperti kemplang, lada bubuk, kerupuk ikan dan lain sebagainya.


Akses ke Pantai Matras

Pantai Matras ini mudah untuk Anda jangkau, bahkan Anda bisa menggunakan jenis transportasi apa saja untuk menjangkaunya dari Bandara Depati Amir, jika Anda berasal dari luar daerah. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum dengan jurusan Pankalpinang-Sungailiat. Anda juga bisa menggunakan jasa travel jika Anda suka dengan berbagai paket menarik yang ditawarkan untuk bisa melihat dan menikmati segala pesona di pantai ini.

Nah, itulah ulasan mengenai Pantai Matras yang mempesona dan tentunya menggoda untuk segera disambangi. So, jangan ragu lagi memasukkan pantai ini dalam list tujuan wisata anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar