Minggu, 06 November 2016

Pesona Air Terjun Sampuran Efrata di Pulau Samosir

Nama pulau samosir tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat di Indonesia. Pulau yang terkenal akan pesona keindahan alam dan juga budayanya ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. 

Pesona Air Terjun Sampuran Efrata di Pulau Samosir

Pulau Samosir yang terletak di Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa wahana wisata yang sangat populer seperti danau, goa, dan juga makam batu. Meskipun demikian, kebanyakan wisatawan asing dan domestik hanya mengenal danau toba. Padahal ada salah satu lokasi wisata disana yang tidak kalah cantik dengan danau terbesar di Asia itu. Yaitu air terjun sampuran efrata. Air terjun ini memiliki pesona eksotis yang sungguh luar biasa.

Lokasi Air Terjun Sampuran Efrata

Air terjun efrata adalah salah satu wisata alam yang masih cukup sepi dari pengunjung. Salah satu alasannya adalah lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota. Air terjun berada di desa Sosor Dolok, kecamata Harian. Dari pusat Kabupaten Samosir, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 km sebelum sampai di air terjun ini.

Meskipun pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota, pengunjung akan mendapatkan kepuasan yang sebanding. Air terjun efrata adalah air terjun yang tidak hanya sejuk dan segar airnya, namun juga berhiaskan tebing yang sangat indah. Tebing-tebing tersebut memiliki nilai seni yang tinggi seakan telah diukir.

Lokasi air terjun sempuran efrata ini juga bisa dibilang sangat strategis. Sekitar 10 menit perjalanan dari air terjun ini, pengunjung bisa menjumpai pasar. Di pasar ini, pengunjung dapat membeli berbagai makanan khas pulau samosir. Selain itu, Anda juga bisa mendatangi menara tele yang letaknya hanya beberapa kliometer tidak  jauh dari situ. Di atas menara inilah spot terbaik untuk menikmati pesona danau toba.

Pemandangan Sekitar Menakjubkan di Sekitar Air Terjun Efrata

Pengunjung yang mendatangi Air Terjun Efrata akan mendapatkan bonus besar. Bonus itu tak lain adalah panorama alam yang memukau. Di sisi kanan kiri jalan menuju air terjun ini, Anda bisa melihat barisan hutan pinus yang mendamaikan mata. Selain hutan pinus yang berjajar indah, Anda juga bisa melihat barisan tebing pegunungan. 

Pesona danau toba juga dapat Anda nikmati dari kejauhan diantara barisan bukit yang mengelilingi pulau samosir. Semakin mendekati lokasi air terjun efrata, Anda juga akan melihat sawah-sawah penduduk yang hijau. Di dekat persawahan juga terdapat rumah penduduk yang masih berupa bangunan tradisional.

Memasuki lokasi wisata air terjun efrata, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cukup sediakan ongkos parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. 

Tempat parkir kendaraan sendiri cukup dekat dengan lokasi air terjun. Dari tempat parkir tersebut, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sejauh 150 meter untuk tiba di kaki air terjun sampuran efrata.
Keindahan air terjun sampuran efrata yang mulai menarik banyak pengunjung ternyata belum membuat warga sekitar menjaga kelestarian alam di sekitar lokasi. Sesampainya di sekitar air terjun, pengunjung akan menemukan penambang pasir yang merupakan warga desa setempat.

Kehadiran para penambang pasir memang cukup mengganggu pengunjung karena dapat merusak lingkungan. Tidak hanya itu, kehadiran mereka juga membuat pengunjung merasa tidak aman saat berganti baju.Hal ini memang diketahui pengelola wisata air terjun efrata, namun mereka tidak dapat melarang aktivitas penambangan pasir oleh warga desa.

Pengunjung yang ingin mandi dan merasakan kesegaran air terjun efrata harus waspada saat berganti baju karena di lokasi ini tidak ada fasilitas kamar mandi atau toilet. Selain itu, pengunjung juga harus terbiasa melihat banyak daun dan ranting yang mengotori air terjun sehingga air terjun terkesan tidak terawat. 

Seperti kebanyakan lokasi wisata lain yang belum populer, lokasi air terjun efrata memang belum terawat dengan baik. Namun tidak ada salahnya Anda mengunjungi air terjun ini jika berada di Samosir karena tidak banyak air terjun yang memiliki tebing indah seperti air terjun efrata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar