Jumat, 04 November 2016

Pulau Lengkuas, Keindahan Pulau Eksotis Plus Mercusuar Bersejarah di Bumi Belitung

Anda pasti sudah familiar dengan yang namanya lengkuas bukan? Ya, rimpang yang memiliki kemiripan dengan jahe ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ataupun digunakan sebagai obat.

Pulau Lengkuas, Keindahan Pulau Eksotis Plus Mercusuar Bersejarah di Bumi Belitung

Namun, bagaimana dengan Pulau Lengkuas? Mungkin tidak banyak orang yang familiar dengan pulau tersebut. Tapi jangan salah, pulau yang mengadopsi salah satu nama rimpang ini, adalah salah satu pulau penuh pesona yang berada di Kepulauan Bangka Belitung, dan hebatnya lagi pulau ini lah yang menjadi lokasi syuting film laskar pelangi, salah satu film sukses di tanah air. 


Berbagai Keistimewaan Pulau Lengkuas

Meskipun luas Pulau Lengkuas ini hanya sekitar 1 hektar, namun jika Anda sudah sampai disana, Anda akan dibuat takjub dengan keindahannya. Di pulau yang kecil ini Anda akan menemukan sebuah mercusuar dengan tinggi kurang lebih 70 meter. Mercusuar ini memang sudah tua karena di bangun pada tahun 1882 oleh pemerintah kolonial Belanda zaman dulu. Pun begitu, mercusuar ini bisa Anda naiki lho, dan tentunya saat berada di atas, Anda akan bisa dengan leluasa menikmati pemandangan indah di sekitar area Pulau ini. 

Tetapi, untuk dapat menikmati keindahan dari puncak mercusuar, tentunya Anda harus rela sedikit berjuang, dengan menapaki setapak demi setapak, anak tangganya hingga sampai puncak. Tetapi jika Anda tidak sanggup untuk meneruskan hingga puncak, Anda dapat berhenti di setiap lantai dan cukup berpuas diri dengan hanya menengok keindahan alam melalui jendela mercusuar yang dipasang di setiap lantai. Dan jangan lupa, sebaiknya Anda tidak memakai alas kaki ketika Anda naik ke mercusuar ini.

Tak hanya bisa berada di puncak mercusuar, Anda pun sangat diperkenankan untuk bermain-main di pantai dan bahkan berenang. Dengan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai yang berpadu dengan air laut biru yang jernih tentu juga akan menggoda Anda untuk segera melakukan snorkeling ataupun diving bukan?

Ya, Anda bisa melakukan aktivitas yang satu ini disini untuk menikmati pemandangan bawah laut yang tak kalah cantik dengan pemandangan daratnya. Ingin berfoto? Anda bisa mengabadikan moment istimewa di Pulau Lengkuas ini dengan bersanding atau berselfie ria di antara hamparan batu granit yang begitu banyak tersebar di sekitar pantai ini.

Anda pencinta sejarah? 

Jika Anda suka dengan destinasi wisata bersejarah, tempat ini juga sangat tepat untuk Anda kunjungi. Di pulau ini Anda bisa menemukan makam-makam Belanda yang dulu bisa di bilang penduduk pribumi di wilayah ini. Dan tentunya, Anda tidak hanya bisa melihatnya, tetapi juga bisa mengulik informasi tentang sejarah zaman dulu pada beberapa petugas di sana..


Fasilitas yang Ada di Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas, Keindahan Pulau Eksotis Plus Mercusuar Bersejarah di Bumi Belitung

Perlu Anda ketahui bahwa fasilitas yang ada di Pulau Lengkuas ini sangat minim. Disini hanya ada toilet umum yang bisa Anda gunakan, tetapi sayangnya air bersih yang tersedia hanya terbatas, karena memang di Pulau ini tidak terdapat sumber air tawar yang bersih.

Air tawar yang bersih yang ada di pulau ini didatangkan dari pulau yang lain. Jika Anda masih kerasan tinggal di pulau ini dan ingin menginap, sebaiknya Anda membawa tenda saja, karena di Pulau ini tidak terdapat penginapan, resort dan sebagainya. Penginapan ini akan Anda temui di sekitar Tanjung Kelayang. 


Lokasi dan Akses Menuju Pulau Lengkuas

Lokasi pulau penuh pesona ini tepatnya di Kecamatan Sijuk. Sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Belitung. Dan berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang Belitung Barat.

Pulau Lengkuas ini bisa Anda jangkau dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp 350.000 tiap perahu dengan kapasitas penumpang bisa mencapai 10 orang. Anda bisa menggunakan perahu ini mulai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi ataupun Pantai Tanjung Binga. 

Nah, lama perjalanan yang harus Anda tempuh dari pantai-pantai tersebut menuju ke Pulau Lengkuas adalah kurang lebih selama 30 menit saja. Bagaimana, asyik bukan, jadi sekalian Anda bisa berjalan-jalan menikmati berbagai pulau indah di sana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar