Rabu, 09 November 2016

Pulau Putri Di Sibolga, Surga Snorkling Peselancar Dunia

Kekayaan dan keindahan bawah laut Indonesia sudah menjadi rahasia umum bagi wisatawan dunia. Bahkan Indonesia merupakan negara dengan spesies ikan dan terumbu karang yang paling terkenal di dunia. Para pecinta wisata perairan laut biasanya menikmati keindahan ini dengan melakukan diving dan snorkling.

Pulau Putri Di Sibolga, Surga Snorkling Peselancar Dunia

Salah satu spot diving dan snorkling Indonesia yang sangat populer adalah Raja Ampat yang terletak di Papua. Raja Ampat menawarkan keindahan ikan dengan warna-warna indah dan terumbu karang yang masih terjaga. Tapi Raja Ampat bukan satu-satunya tempat indah yang bisa Anda   kunjungi di Indonesia. Ada sebuah pulau yang kecantikan bawah lautnya juga memukau seperti namanya, Pulau Putri.

Lokasi 

Pulau putri adalah salah satu destinasi wisata bahari yang lokasinya terletak di Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Pulau berukuran mini berjarak kurang lebih 12 mil dari Sibolga. Sebelum dikenal dengan nama Pulau Putri, pulau ini lebih sering disebut dengan nama pulau Pasir putih.

Pulau Putri Di Sibolga, Surga Snorkling Peselancar Dunia
Ukuran pulau putri hanya sekitar 2,5 hektar namun tetap menawarkan panorama yang memukau. Dari pulau ini, Anda   juga dapat melihat pulau marsela dari dekat. Jika Anda   pernah menyaksikan film King Kong, di pulau marsela inilah lokasi film itu dibuat. Jika sedang berkunjung ke pulau putri, tidak ada salahnya mampir ke pulau marsela ini.

Para pengunjung pulau putri dapat sampai kesana melalui pelabuhan sibolga dengan perahu-perahu yang tersedia di pelabuhan. Waktu tempuh untuk menyeberang ke pulau tersebut sekitar satu jam saja. Sesampainya pengunjung di pulau ini, pengunjung akan menyaksikan pasir putih dan hamparan air laut berwarna biru yang sangat jernih dan bersih.


Tiket Masuk Pulau Putri

Pengelola pantai di Pulau Putri nampaknya adalah warga sekitar pulau yang bukan merupakan petugas dari dinas pariwisata. Hal ini terlihat dari biaya masuk ke pulau ini yang tergolong mahal. pengunjung bisa dikenakan biaya 500 ribu hingga 1 juta rupah untuk tiap rombongan. Biaya ini pun tidak paten dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Legenda Pulau Putri

Alasan dibalik nama pulau putri ternyata juga menarik untuk diikuti. Saat pengunjung datang ke pulau ini, pengunjung juga bisa mendengar cerita tentang legenda Pulau Putri dari warga setempat. Konon, di pulau ini terdapat seorang permaisuri yang sangat cantik bernama putri Runduk.

Putri Runduk adalah sesosok wanita yang mendampingi pimpinan kerajaan Barus Raya yakni Raja Jayadana. Suatu ketika, suami dari Putri Runduk meninggal karena dibunuh oleh Raja Mataram. Menyaksikan kecantikan janda dari mendiang musuhnya itu, raja mataram pun berniat mempersunting Putri Runduk.

Sebagai seorang permaisuri yang setia dan sangat mencintai suaminya, tentu sang putri enggan menikah dengan raja mataram. Akhirnya, putri Runduk memutuskan berlari dari raja mataram hingga sampai di Pulau Putri. Di pulau berpasir putih inilah sang Putri tinggal dan menetap hingga akhir hayat.

Surga Snorkling

Pulau putri tidak hanya menyajikan pasir putih nan lembut, di pinggir pantainya juga terdapat banyak pohon kelapa yang menambah elok pemandangan. Ombak di perairan ini juga cukup tenang sehingga para pengunjung dapat melakukan snorkling dengan aman.

Pulau Putri Di Sibolga, Surga Snorkling Peselancar Dunia

Saat melakukan snorkling, pengunjung akan menyaksikan ikan-ikan kecil yang bermain-main dengan kawanannya. Tidak hanya itu, Anda   juga bisa dengan mudah menikmati berbagai terumbu karang karena kondisi perairan yang masih sangat bersih.

Di pulau ini, belum banyak lokasi penyewaan alat untuk snorkling sehingga akan lebih baik jika Anda   menyiapkan peralatan snorkling Anda   sendiri. Jika diperlukan, siapkan pula kamera bawah air agar keindahan alam bawah laut di pulau itu dapat terdokumentasi.

Lokasi Wisata di Sekitar Pulau Putri

Jika Anda   berkunjung ke Pulau Putri, jangan hanya mengunjungi satu tempat saja. Silahkan datangi beberapa pulau kecil lain yang masih terletak di Kepulauan Marsela. Di pulau ini, Anda   akan menyaksikan keindahan air terjun dengan tinggi sekitar 35 meter. Air terjun yang sangat indah berasal dari aliran sungai terpendek di Indonesia yang hanya sepanjang 700 meter.

Demikian sedikit info mengenai pulau putri yang terletak di Sibolga. Bagi Anda   yang gemar melakukan snorkling tidak ada salahnya mencoba mengunjungi pulau ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar