Jumat, 13 November 2015

Pendakian Ke Gunung Prau Dieng Jawa Tengah

Pendakian Ke Gunung Prau Dieng Jawa Tengah - Dataran tinggi dieng merupakan ciri khas daerah kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Dimana terdapat dua buah puncak gunung yang gagah berdiri yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Gunung ini termasuk daftar gunung tertinggi di pulau Jawa.

Namun lain halnya di dataran tinggi dieng ini pun terdapat satu gunung lagi yang tak begitu menjulang tinggi seperti Gunung Sumbing dan Sindoro yaitu Gunung Prau, Gunung Prau Mempunyai Ketinggian  2565 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Gunung Prau ini mempunyai keindahan view yang sangat luar biasa dan mempunyai ciri khas tersendiri dari Kedua gunung yang bersebelahan yaitu Sindoro dan Gunung Sumbing. 

Gunung Prau Dieng
Untuk mendaki ke Gunung Prau ini kita tidak perlu banyak merogoh kocek, karena retribusi tiket masuk sangat terjangkau dengan perkiraan tiket masuk/orang 10 ribu rupiah dan parkir kendaraan roda 2 dipos penjagaan 5 ribu rupiah/motor/hari serta penitipan helm 1 ribu rupiah/helm. Selain kita dapat tiket masuk kita pun diberi sebuah peta berupa petunjuk pendakian serta tata aturan. Setelah selesai administrasi barulah dimulai pendakian.

Gunung prau merupakan gunung yang tidak terlalu sulit untuk di lalui dengan trak yang melandai cocok untuk bagi pemula. Namun jangan salah kita tidak boleh meremehkan walaupun tidak terlalu sulit untuk di daki. persiapkan stamina yang fit dan perlengkapan yang safety.


Pemandangan  lembah dieng yang begitu indah dan menakjubkan dibarengi dengan telaga di tengah lembah yang mengelilingi. Sehingga membuat setiap para pendaki mendapatkan puncak kepuasan yang tak terhingga dan selalu betah berlama lamaan di puncak Gunung prau.

Bukit yang indah para pendaki menyebutnya denga bukit Teletubies, bukit nya begitu indah yang melandai kehijauan membuat kita nyaman. Serta mempunyai rerumputan yang sangat khas beda dengan gunung yang lainnya

Dari puncak Gunung Prau ini dapat dinikmati juga dari kejauhaan keindahaan Puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terlihat gagah dari ketinggian Gunung Prau.


Ketika pada malam hari, sejenak beristrahat untuk memulihkan tenaga dengan ditemani dengan hamparan bintang yang bertebaran diatas langit begitu indah. Serta dapat memanjakan mata dari lelah dalam pendakian

Itulah sekilas tentang Pendakian ke Gunung Prau Dieng Jawa Tengah, Semoga dapat menjadi agenda pendakian teman teman sekalian . .

Contributor : Riky Surya Purba

1 komentar:

  1. Temukan berbagai macam informasi wisata yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang wisata tersebut yang ada di indonesia
    Dan juga artikel-artikel tentang wisata di wisataIndonesiaraya.com dan like page facebook wisataIndonesiaraya.com

    BalasHapus