Kamis, 12 November 2015

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga di Sumatera Utara

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara - Berwisata ke sebuah desa yang terletak diatas pegunungan merupakan suatu hal yang menyenangkan, karena dimana kita dapat menikmati keindahan alamnya dan menikmati sejuknya diatas pegunungan, oh ya perjalanan saya kali ini mengunjungi sebuah wisata budaya yaitu melihat rumah adat karo yang sudah berumur ratusan tahun lamanya dan museum Karo Lingga yang ada di Sumatera Utara tepatnya di Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Untuk menuju lokasi hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2.5 jam perjalanan dari kota Medan menggunakan kendaraan pribadi seperti Sepeda motor ataupun bus.

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara

Rumah adat Karo di desa Lingga ini merupakan rumah adat peninggalan dari nenek moyang suku Batak Karo, disini kita dapat menikmati keunikan dari rumah adat karo yang bercorak khusus budaya karo. Rumah Adat yang beratapkan ijuk dan beralaskan papan yang dibangun dengan teknik panggung dimana mempunyai pondasi yang di sokong dengan kayu teras dari pohon. di dinding rumah adat ini di hiasi dengan corak lukisan lukisan yang unik bercorakkan budaya suku Batak karo. Di desa lingga ini terdapat tiga mode rumah adat yakni Rumah adat Gerga, Rumah Adat Belang Ayo dan Sapo Ganjang serta satu museum. 

Dahulu rumah Adat Karo ini di Gunakan sebagai tempat tinggal bagi para penduduk yang ada di desa lingga begitu juga rumah adat ini dipergunakan sebagai tempat permusyawahan ataupun tempat pertemuan antara sesepuh ataupun tokoh adat daerah.

Namun sekarang Rumah Adat Karo ini sudah ditinggalkan dan tidak ditempati lagi oleh masyarakat karo dan hanya menjadi warisan budaya karo. Serta tempat penelitian bagi ilmuan ilmuan untuk mengkaji sejarah dari budaya karo tersebut

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara

Selain tiga Rumah Adat tersebut terdapat juga Museum karo lingga disini, Museum Karo lingga ini merupakan Museum budaya karo yang dimana umur museum tersebut sudah ratusan tahun. Dimana Museum ini dijadikan sebagai tempat barang barang peninggalan suku karo pada jaman dahulu.

Berkunjung ke museum lingga ini kita dapat melihat bebas barang barang peninggalan dari suku karo pada zaman dahulu seperti alat alat musik karo, alat alat untuk berkebun begitu juga uang kertas ataupun uang koin yang sudah berumur ratusan tahun. Serta kain tenun tradisional kita dapat melihatnya disini. Untuk biaya retribusi masuk kemuseum karo lingga ini kita hanya membayar seiklasnya saja.

Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara

Itulah Cerita singkat tentang Rumah Adat Karo dan Museum Karo Lingga  di Sumatera Utara, semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian, selamat berkunjung . .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar