Senin, 23 Maret 2015

Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat - Perjalanan wisata saya kali ini merupakan perjalanan yang sangat mengesankan bagi saya, yang dimana melakukan pendakian salah satu gunung tertinggi di jawa barat yaitu Gunung Ciremai Jawa Barat. Gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten,yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, pada ketinggian 3.078 mdpl diatas permukaan laut. 

Sekarang Gunung Ciremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dengan luas wilayah sekitar 15.000 ha. Gunung ini meletus tercatat sejak tahun 1698 kemudian terakhir kali meletus pada tahun 1937. Gunung Ciremai ini di sekitarnya di kelilingi oleh pohon pinus yang berdiri tegak menjuntai ke atas seakan melihatnya ke atas tiada batasnya.


 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

Satwa di Gunung Ciremai ini pun masih terjaga dan masih banyak satwa langka yang berhabitat di gunung ini contohnya burung Bangkok bertanduk,Percil jawa,bunglon Hutan, Elang jawa dan masih banyak lagi. Hewan ini bisa bertahan berhabitat di gunung ini dikarenakan Gunung ini selalu di pantau dan di jaga oleh pihak petugas Taman Nasional Gunung Ciremai. Sehingga gunung ini selalu tetap terjaga dan tetap alami.

Perjalanan menuju puncak Gunung Ciremai ini mempunyai tiga jalur akses yakni jalur palutungan, jalur Majalengka dan jalur Linggar jati. Kami pun memutuskan  untuk lewat jalur Linggar jati, mengapa kami melewati jalur akses linggar jati, dikarenakan jalur ini lebih menantang karena terkenal dengan keterjalan jalur akses menuju puncak ciremai. Sehingga membuat adrenalin semakin meningkat.

Dari pos pendakian kami memulai perjalanan menuju Pos Mata Air Cibeunar (750 mdpl). Pada Pos Cibeunar ini kita bisa bermalam disini karena Pos ini merupakan area camp. Di pos inilah yang hanya mempunyai sumber mata air dari pada camp yang berikutnya. Perjalanan pun dilanjutkan menuju Leuweng Datar (1200 mdpl) merupakan perkebunan penduduk terus hingga sampai ke pos Kuburan Kuda (1380 mdpl) dan di lanjutkan menuju Tanjakan Seruni (1750 mdpl) Akses jalur ini merupakan yang tersulit dari pada yang lainya. Selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Bappatere(1950 mdpl) hingga menuju pos pengasingan (2750 mdpl) pos pengasingan ini merupakan pos yang paling akhir untuk menuju puncak Gunung Ciremai.

Kami pun melanjutkan perjalanan karena puncak gunung sudah mau sampai, kami pun bergegas untuk bergerak lebih cepat untuk menuju puncak tertinggi kedua yaitu Sunan Mataram (3058 mdpl) Dengan semangat yang tekad kami tak menyadari bahwa kami bukanya sampai di puncak kedua yaitu Sunan Mataram Melainkan kami langsung sampai di puncak tertinggi yaitu puncak Gunung Ciremai (3078), sungguh luar biasa kami tanpa menyadarinya hahahaaha . . mungkin karena semangat tekad 45 hahaa.


 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

 Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat

Kami pun sampai di Puncak Gunung Ciremai dengan meluapkan rasa puji syukur Kepada Tuhan YME, ternyata . .seorang pemuda seperti kami dapat menaklukkan Gunung Ciremai ini dengan penuh tekad dan semangat yang menggebu-gebu. Keindahan Alam Gunung Ciremai merupukan salah satu Keajaiban Tuhan YME yang Luar biasa. Kita patut bersyukur . . .aminn.

Oke Gaesss . .ini perjalanan wisata kami yang sangat luar biasa dan takkan pernah terlupakan seumur hidup kami. Semoga menjadi perjalanan hidup kalian gaess . .hahaha ..Demikian lah perjalanan kami melakukan Pendakian Ke Gunung Ciremai Jawa Barat.


Contributor By : Avo Sembiring



1 komentar:

  1. Bro,pendakian gunung Ciremai sendiri kalau saya daki dari jalur Apuy bagaimana sampai ke Puncak Ciremainya?

    BalasHapus