Kamis, 26 Maret 2015

Pendakian Ke Gunung Papandayan Garut, Jawa Barat

Gunung Papandayan Garut
Pendakian Ke Gunung Papandayan Garut - Menjelajahi Wisata alam merupakan hal yang sangat menarik dan memberikan kepuasan bagi si penjelajah serta memberikan manfaat bagi jiwa dan raga karena kita memandang alam dengan sepenuh hati. Dimana Pada beberapa waktu yang lalu saya melakukan pendakian ke Gunung Papandayan tepat nya berada di Provinsi Jawa barat Bandung. Gunung Papandayan ini tergolong mudah untuk pendakian karena trek nya tidak begitu sulit dari pada Gunung-gunung yang lainya yang ada di Jawa Barat.


Gunung Papandayan ini mempunyai dua jalur akses untuk mencapai puncak Papandayan yakni Cisurupan Dan Pengalengan. Akses Cisurupan merupakan akses yang paling mudah treknya, akses ini selalu menjadi salah satu favorit bagi pendaki pemula. Untuk menuju basecamp saya harus melewati terlebih dahulu gerbang pendakian baru melanjutkan perjalanan menuju Basecamp. Untuk menuju Ke basecamp saya menyewa ojek. saya pun melakukan Registrasi data untuk bisa mendaki ke Papandayan.

Gunung Papandayan Garut

Setelah melakukan registrasi saya pun melanjutkan perjalanan Papandayan, untuk menuju ke Pintu Lawang Angin. Di setiap perjalanan menuju Pintu Lawang angin saya melintasi beberapa kawah papandayan yang mengeluarkan bau belerang yang sangat menyengat. Setelah sampai di Pintu Lawang,saya melanjutkan perjalanan menuju Tegal Alun, untuk sampai menuju ke Tegal alun saya pun melewati hutan mati yang mengeluarkan aura mistis.

Gunung Papandayan Garut


Hutan ini di sebut hutan mati dikarenakan seluruh pepohonan yang ada di hutan mati ini telah hangus dikarenakan terkena awan panas Papandayan dan tanahnya pun berwarna putih ke kapuran. Setelah menelusuri hutan mati kami pun sampai di Tegal Alun. kami pun disuguhkan dengan bunga-bunga yang indah yang disebut juga Edelwis.

Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan Garut

Tegal Alun merupakan Rimbanya Edelweis,  Padang Edelwis ini juga padang Edelweis yang terluas di indonesia. Edelweis merupakan tumbuhan yang langka oleh sebab itu, pendaki dilarang memetik bunganya. Di Padang Edelweis ini dilarang untuk bercamping karena bisa merusak kehidupan Ekosistem Padang Edelweis. Padang Edelweis ini juga menjadi kebanggaan bagi para pendaki disini.

Tips untuk mendaki ke Gunung Papandayan ini persiapkanlah keperluan keperluan yang dibutuhkan contohnya seperti keperluan logistik berupa makanan, dan begitu juga persiapkan obat-obatan dan mantel untuk jaga-jaga dari cuaca yang buruk kapan saja bisa terjadi. Serta selalu menjaga keberadaan alam yang masih alami dengan tidak membuang sampah sembarangan, bawalah pulang sampah dari puncak kebawah serta jangan merusak alamnya seperti mencoret coret pepohonan. Jagalah dan lestarikan alamnya agar kelak bisa dinikmati banyak orang.

Ok ini sedikit tentang artikel saya, semoga bisa bermanfaat bagi teman semua. Demikianlah perjalanan saya melakukan Pendakian Ke Gunung Papandayan Garut, Bandung Jawa Barat, sampai jumpa lagi . .


Contributor By : Avo Sembiring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar