Minggu, 21 Agustus 2016

5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

5 Air Terjun di Lombok - Ketika orang melakukan perjalanan ke Pulau Lombok , mereka mengharapkan mendapatkan perjalanan yang lebih damai dari pada berkunjung ke bali yang lebih terkenal . Matahari terbenam dengan warna-warni , pantai berpasir lembut , air yang jernih , atau bahkan mendaki ke puncak Gunung Rinjani yang perkasa hanya beberapa kegiatan  itu yang populer dalam pikiran Anda ketika Anda memikirkan Lombok .

Namun, pulau yang eksotis ini masih memiliki beberapa rahasia lainnya yang dapat ditemukan . Banyak yang datang ke pulau lombok gagal untuk menyadari bahwa Lombok menyembunyikan beberapa air terjun yang tenang terbaik di nusantara . Menjelajahi air terjun adalah hal yang terbaik berikutnya. Perjalanan ke air terjun biasanya terdiri dari perjalanan menyusuri hutan yang masih sangat liar , alangkah baiknya dipimpin oleh seorang pemandu yang berpengalaman , keindahan akan menghampiri yang akan berakhir di depan mata dan sensasi sangat fantastis perjalanan yang melelahkan akan benar-benar layak didapatkan .

Jadi pada saat Anda berada di Lombok , luangkan waktu anda untuk menjelajahi air terjun yang luar biasa, berikut 5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi:

5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

1. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep 


5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

Terselip di desa Senaru di utara Kabupaten Lombok Utara air terjun terbaik ke dua dan paling populer di Lombok saat ini yaitu Sendang Gile dan Tiu Kelep. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani yang perkasa. Desa ini terletak sekitar 2 ½ jam perjalanan dari Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Sasak. "Tiu" yang berarti kolam renang, dan "Kelep" berarti terbang. Sementara itu, nama Sendang Gile ini diambil dari sebuah legenda yang menceritakan kisah seorang pangeran yang dikejar oleh singa gila. Dia berlari ke hutan dan bersembunyi di balik air terjun, maka dinamakan Sendang Gile.Hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari pintu masuk untuk melihat kindahan air terjun Sendang Gile, yang merupakan kelanjutan dari air terjun Tiu Kelep.

Jalur  untuk menuju air terjun tentunya melewati hutan hujan lindung yang rimbun penuh dengan pohon-pohon tropis yang menjulang. Setelah Anda sampai di sana, Anda dapat menikmati pemandangan air menjatuhi batu batu dibawahnya atau berenang di aliran air terjun yang membentuk seperti kolam yang sangat keren. Jika Anda mendambakan perjalanan petualang di hutan yang akan berakhir lebih memuaskan, maka harus berusaha lebih ke air terjun Tiu Kelep. 

Perjalanan menuju air terjun kedua di daerah ini  membutuhkan waktu sekitar 45 menit berjalan melalui hutan yang rimbun. Jembatan yang digunakan untuk menyeberangi sungai juga bisa tampak cukup menakutkan bagi mereka yang takut ketinggian. Tapi perjalanan akan benar-benar layak terbayarkan karena Anda akan menikmati kemegahan air air terjun Tiu Kelep yang luar biasa indah.

2. Air Terjun Mayang Putek


5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

Meskipun Lombok memiliki puluhan air terjun yang menakjubkan, air terjun Mayang Putek adalah salah satu yang paling unik dari mereka semua. Mengapa? Karena airnya mengandung belerang yang penduduk setempat percaya dapat menyembuh berbagai macam penyakit seperti alergi kulit, gatal gatal karena air datang langsung dari Gunung Rinjani. sekitar 60 meteran ketinggian air terjun  ini, terletak di desa Bilok Petung di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Seperti banyak nama-nama air terjun di Indonesia, nama Mayung Putek terkait dengan legenda lokal. dulu di lokasi ini, rusa putih sering terlihat mandi atau minum, maka nama Mayang Putek, yang secara harfiah diterjemahkan ke berarti "White Stag".Perjalanan ke air terjun ang Putek ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari desa bilok dengan menuruni anak  tangga, melewati bukit dan aliran sungai. Meskipun perjalanan menuju air terjun tampaknya sederhana, perjalanan kembali sedikit lebih sulit karena menaiki anak tangga. Namun, itu akan benar-benar layak untuk merasakan manfaat dari mandi belerang bagus yang seharusnya bisa menyembuhkan sakit dan nyeri dan berbagai penyakit lainnya. Belum lagi pemandangan yang unik dari "rusa putih"

3. Air terjun Jeruk Manis / Jukut 


5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

Berikut ini adalah salah satu dari air terjun Lombok diyakini memiliki sifat magis khusus. Warga setempat percaya Air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani ke selatan dari Taman Nasional Gunung Rinjani dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menyehatkan rambut. Ya, penduduk setempat percaya bahwa mencuci rambut Anda di perairan akan menyembuhkan Anda dari kebotakan atau membantu Anda mempertahankan ke karismaan diri anda.

Surga bagi pecinta alam, air terjun ini berdiri sekitar 30 meter dan mengalir ke sungai yang sempit dan  berbatu. Setelah membeli tiket masuk ke air terjun di gerbang pintu masuk. Anda akan perlu untuk berjalan sekitar 15 menit untuk beberapa 1,5 kilometer untuk sampai ke lokasi. Dalam perjalanan ke air terjun, Anda akan melewati jalan yang terbuat dari batu datar dan sekitar 180 anak tangga. Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak jenis tanaman yang menarik dan satu atau dua hewan, seperti monyet atau rusa.

Jika Anda merasa lelah berjalan, Anda dapat beristirahat di salah satu dari tiga berugak / gazebo yang ada di pinggir jalan. Namun, yang terbaik jika anda ingin beristirahat sedikit lebih lama alangkah baiknya beristirahat di gaazebo yang terletak paling dekat dengan air terjun. Di sini, Anda akan dapat melihat pemandangan penyebaran hutan lindung di di depan Anda seperti lapangan golf hijau besar.

4. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu 

5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi

Air Terjun Benang Stokel and Benang Kelambu  Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, hanya satu setengah jam berkendara dari pantai Senggigi, Benang Stokel dan Benang Kelambu  terletak hanya sekitar satu kilometer terpisah dari satu sama lain. anada akan disuguhkan pemandangan yan unik yakni bahwa bukannya disambut oleh pemandangan air mengalir dari tebing melewati batu bergerigi, Anda akan melihat  air yang mengalir di antara tanaman yang subur.

Jalan beraspal jadi ini akan menjadi perjalanan yang cukup nyaman meskipun masih melelahkan. Anda juga dapat menemukan beberapa warung di sisi jalan di mana Anda dapat membeli handuk kecil, minuman, makanan ringan atau bahkan beras kaput. Nama Benang Setokel berarti seikat benang. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat dan masing-masing  setinggi 20 meter. air berasal dari hulu sungai di Gunung Rinjani. Di sini, Anda dapat bermain dan bermain-main di kolam yang menyatukan hujan tersebut.



Setelah itu, perjalanan ke air terjun Benang Kelambu yang menakjubkan yang terdiri dari sekitar 2-3 tingkat. Kata "Kelambu" berarti tirai, dinamai tanaman yang membingkai air terjun seperti jendela dan tirai. Karena air mengalir langsung dari mata air di Gunung Rinjani, air bersih dan dikatakan aman untuk diminum.

5. Air Terjun Tiu Tedja


5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi


Jika Anda tidak terlalu begitu senang treks panjang dan petualangan melalui hutan , menjelajah  air terjun tanpa treks melelahkan . Tiu Tedja adalah tujuan yang sempurna untuk anda , yang tidak begitu fit dan orang-orang yang ingin melakukan perjalanan sederhana untuk berkunjung ke air terjun yang indah.

Tidak seperti banyak air terjun lainnya , perjalanan ke Tiu Tedja hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pintu masuk melalui perjalanan yang santai. Terletak di Kabupaten Lombok Utara  , air terjun ini pada dasarnya adalah sebuah air terjun dengan jalur paling mudah di Lombok ." Tiu " berarti air sementara " Teja " berarti pelangi dalam bahasa lokal Sasak . Oleh karena itu , air terjun ini dijamin untuk memberikan pemandangan yang tidak seperti yang air terjun lainnya dan keindahan air yang merembes dari celah celah tebing ditambahkan pelangi jika Anda beruntung . bonus lagi ? Kolam renang relatif dangkal dan sempurna untuk berenang atau bermain air di sekitar .

Tips Bermanfaat:

Sebelum Anda pergi menjelajahi ke air terjundi Pulau Lombok, alangkah baiknya Anda harus mempersiapkan hal berikut sebelum melakukan perjalanan Anda:

Alas kaki untuk Trekking

Trekking dengan sepatu atau sandal tampaknya menjadi pilihan yang tepat, usahakan trekking tidak dengan tanpa alas kaki. Karena dapat menyebabkan luka pada kaki jika terkena bebatuan yang cadas.

Persiapkan Baju Ganti

Ketika mengunjungi lokasi  air terjun tentunya Anda pasti akan kebasahan. Tinggal siapkan beberapa pakaian kering untuk sebagai baju ganti agar anda tidak masuk angin di dalam perjalanan.

Mengetahui adat istiadat dan kepercayaan lokal

Beberapa daerah memiliki adat istiadat dan kepercayaan tertentu. Cara terbaik adalah untuk menghormati dan mematuhi aturan yang diberikan oleh penduduk setempat.

Badan/ fisik Fit

Pastikan Badan/ fisik anda Fit jika anda ingin melakukan perjalanan ke air terjun, karena jika Badan/ fisik anda kurang Fit maka ditakutkan terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan. Maka dari itu persiapkan kesehatan anda

Bawa barang yang diperlukan

Ingat, Anda mungkin akan trekking di hutan dan akhirnya bisa jadi mendapatkan musibah seperti terpeleset kaki pun menjadi luka  sehingga membawa barang-barang yang diperlukan biasanya Anda butuhkan untuk menghadapi kondisi ini. Beberapa item yang berguna adalah: Kotak P3K, obat nyamuk, jas hujan, ransel / tas dan minyak kayu putih atau minyak lainnya / balsem untuk menghangatkan tubuh.

Menghormati Alam!

Jangan buang sampah sembarangan.  Menghormati alam dan tidak melakukan apapun yang berbahaya untuk tanaman atau pohon untuk datang di sepanjang jalan. Juga menghormati binatang yang Anda lihat selama perjalanan Anda. Menahan diri dari mengejek atau bermain dengan mereka. Save Alam. Nah itulah sekilas info tentang 5 Air Terjun di Lombok Yang Paling Indah dan Populer Patut Kamu Kunjungi, semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar