Senin, 22 Agustus 2016

Museum Batak TB SILALAHI CENTER di Balige Sumatera Utara

Museum Batak TB SILALAHI CENTER di Balige Sumatera Utara - Museum  Batak TB Silalahi center ini terletak di tepi selatan  Danau Toba yang sangat luar biasa, Museum Batak TB Silalahi Center merupakan Museum yang di dedikasikan untuk pelestarian nilai-nilai budaya dari penduduk etnis pribumi Sumatera Utara : yakni orang Batak .

Museum Batak TB SILALAHI CENTER di Balige Sumatera Utara

Kompleks Museum  Batak TB Silalahi center terletak di Jl.Pagar Batu No.88 Silalahi Village , Kota Balige , sekitar 250 Km dari Medan , ibukota Provinsi Sumatera Utara . Kompleks Museum  Batak TB Silalahi center di dirikan oleh Tiopan Bernhard Silalahi yang telah banyak mengambil peran penting dalam sejarah Sumatera Utara dan Indonesia. Ia menjabat sebagai Menteri Reformasi Birokrasi pemerintah dari 1993-1998 , dan saat ini anggota konseling dewan Presiden For Military dan Pertahanan .

Di Pusat kompleks berdiri sangat megah Museum Batak dengan desain modern, dengan eksterior aluminium komposit , menyampaikan nuansa futuristik dengan motif Gorga tradisional Batak .

Museum Batak TB SILALAHI CENTER di Balige Sumatera Utara

Museum Batak ini didirikan pada tanggal 7 Agustus 2006 dan resmi di buka untuk umum sejak 18 Januari 2011, Museum ini dibangun dengan konsep  etnis Batak yang telah dikenal nilai-nilai budaya yang tinggi sejak zaman kuno. Hal ini di buktikan oleh fakta bahwa Batak memiliki tulisan  tersendiri yang berbeda dan bahasa lisan lainnya, mereka memiliki prinsip-prinsip demokrasi tradisional Dalihan Natolu, dan penggunaan diturunkan oleh marga atau nama keluarga. Semua nilai-nilai ini dikenal sebagai budaya yang mendalam yang akan selalu tetap relevan dan dinamis akan menyesuaikan dengan perubahan. Selain itu, museum batak ini juga  sebagai simbol pemersatu marga Batak yang berbeda, yaitu: Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Mandailing, Batak Angkola, Batak Pakpak / Dairi, dan Batak Karo.

Museum Batak TB SILALAHI CENTER di Balige Sumatera Utara

Museum ini dibagi menjadi tiga lantai dengan lantai ruang tanah terbuka, merupakan area pameran untuk berbagai otentik tradisional patung batu Batak. Naik ke lantai 2, pengunjung disajikan dengan pemandangan  Danau Toba. Pada Museum Batak terdapat patung perunggu setinggi 7 meter yaitu Si Raja Batak. Patung perunggu Raja Batak berdiri gagah sebagai lambang dari Orang Batak yang mempunyai  nilai-nilai tradisional yang kuat. Patung itu merupakan ikon khusus dari Museum yang menggambarkan karakter fisik dari orang Batak.

Lantai 2 dan 3 adalah tempat memamerkan inti utama dari museum batak tersebut. Di sinilah semua koleksi berharga yang ditampilkan, dengan satu pameran khusus pada 'Ulos', kain tenun kuno tradisional Batak .'Ulos' tertua dipamerkan di sini yakini berusia 500 tahun, kitab suci kuno Batak, senjata tradisional, berbagai perhiasan, peralatan pertanian, dan koleksi lainnya juga dipamerkan di sini dalam presentasi yang sangat baik. Kitab tertua yang ada di museum ini memiliki umur 1800 tahun.

Museum Batak dianggap sebagai salah satu museum yang paling modern di Indonesia. Satu wilayah dengan TB Silalahi Center juga terdapat pameran menarik lainnya seperti : museum pribadi TB . Silalahi , yaitu Huta Batak , yang merupakan museum luar dibangun seperti sebuah desa tradisional Batak yang terdiri dari tiga rumah dan tiga buah sopo yang menggambarkan rumah khas Batak , replika dari Rumah Bolon dan Rumah Batak , konvensi hall, dan kolam renang . Kompleks ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengunjung seperti restoran , kafetaria , dan toko seni .

3 komentar:

  1. Balasan
    1. betul sekali mas Budy,
      Yuk singgah kesini kalau mau ke Danau Toba mas :)

      Hapus
  2. Museum yg indah, ingin ke tempat ini lagi..
    😇😀

    BalasHapus