Rabu, 24 Agustus 2016

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi


5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi - Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak pantai yang begitu indah dan eksotis salah satunya yang sudah terkenal dan mendunia yakni pantai kuta yang ada di pulau Bali. Bicara tentang pantai di Indonesia bukan hanya bali yang mempunyai pantai yang indah. Salah satunya adaah Pulau Nias, Pulau Nias mempunyai banyak pantai yang belum terjamah oleh para wisatawan dan pantainya sangat indah dan cocok untuk kegiatan berselancar. Nias merupakan pulau terluar dari Sumatera Utara yang mempunyai banyak pantai yang sangat eksotis. Berikut ada 5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi :

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Pantai Tanayae 
Pantai Tanayae merupakan salah satu pantai yang paling indah di timur pantai nias utara dengan pasir kuning lembut dilapisi dengan jejeran pohon kelapa yang ada di pinggiran pantai. Pantai Tanayae adalah bagian tengah pantai panjang, sekitar 3 kilometer di sepanjang pantai timur Kecamatan Tuhemberua, yang terdiri dari Fofola, Botogawu, Tanayae dan Pantai Ladara. Pantai Tanayae mempunyai panjang pantai sekitar 800 meter dan 10 sampai 15 meter lebar tergantung pada air pasang. Air di depan pantai dilindungi dan tidak ada arus yang kuat atau gelombang besar di sini. Ini adalah tempat yang baik, aman untuk berenang. Ada beberapa keluarga yang tinggal di sebelah pantai dan nelayan menggunakan pantai ini sebagai pendaratan perahu. Pantai Tanayae ini berada di Desa Banua Gea, Kecamatan, Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara.

Akses: Aksesnya sangat mudah, kurang dari satu jam perjalanan dari Gunung Sitoli. Ikuti jalan utama pantai timur melalui kecamatan Tuhemberua. Setelah sampai sebuah teluk besar, terus saja berjalan, sampai terlihat sebuah pantai. Pantai Tanayae ini berdekatan dengan pantai panjang. 

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Pantai Asi Walo
Pantai Asi Walo pantai yang sangat menarik bagi para wisatawan lokal untuk bertamasya di akhir pekan. Lokasinya sangat mudah diakses dan mempunyai eksotisme sangat indah. pantai ini mempunyai 350 meter panjang dan 2-10 meter lebar tergantung pada air pasang. Ada sebuah restoran kecil yang menyajikan ikan bakar dan ayam di pantai ini. Sebelah restoran terdapat beberapa gubuk disediakan untuk para pengunjung sebagai tempat beristirahat sejenak sembari menikmat pantai asi walo . Selain tempat berwisata, Pantai Asi Walo juga digunakan sebagai pelabuhan Nias Utara yang terhubung ke Gunung Sitoli . Masih ada sejumlah nelayan lokal yang bermukim di pantai ini. Di pantai Asi Walo ini lokasi yang aman dan baik untuk berenang dan snorkeling. Ada beberapa daerah snorkeling yang sangat menarik berada di lepas pantai, namun kita harus keluar menuju tepi teluk kecil. Pantai Asi Walo ini berada di Desa Teluk Bengkuang, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara.

Akses: Dari Kecamatan Sawo mengikuti jalan utama pantai timur kemudian dari kota menuju Tuhemberua. Di bagian atas bukit kecil ada sebuah gereja besar di sebelah kiri (timur) pinggir jalan. Belok ke kanan  (jika mengemudi ke utara) dan teruslah mengemudi dengan jalanan yang sempit dan bebatuan. Ada beberapa putaran di sepanjang jalan di mana penduduk yang ramah dapat mengarahkan Anda ke pantai Asi Walo.

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Pantai Lakha
Pantai Lakha adalah salah satu surganya pantai di Nias Utara yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Pantai ini sangat bersih dengan pasir putih yang lembut. Teluk di depan pantai dilindungi dan aman berenang disini, bahkan untuk anak-anak. Di belakang pantai terdapat pohon kelapa dan bakau yang berjejer sangat teratur dan indah. Pantai Lakha ini mempunyai panjang lebih dari 1 kilometer dan lebar 5-15 meter, tergantung pada air pasang. Pantai Lakha berada di Desa Botolakha, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara

Akses: Kurang dari satu jam perjalanan dari Gunung Sitoli. Ikuti jalan utama pantai timur melalui kecamatan Tuhemberua. Setelah mencapai desa Botolakha, carilah belokan kecil menuju laut. Di pantai lakha ini belum ada plang petunjuk akses untuk menuju ke pantai, pengunjung biasanya bertanya kepada warga setempat sambil berjalan sepanjang jalan dan berjalan 20-30 meter ke pantai. Ketika Anda mencapai pantai, belok kanan dan berjalan ke selatan. Terus berjalan menjauh dari desa selama beberapa ratus meter anda akan menemukan Pantai Lakha tersebut.

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Pantai Seriwa'o 
Sebuah sudut tersembunyi di ujung utara-timur dari Pulau Nias. Pantai ini sangat indah dan jika kita berada di sini kita terasa sangat nyaman. Panjang pantai sekitar 200 meter, dilindungi oleh rumah karang sekitar 100 meter dari pantai. Ketika berjalan di sepanjang pantai tidak ada tanda-tanda peradaban terlihat, kecuali pulau Sarangbuang jauh di cakrawala. Meskipun ada sebuah desa yang sangat kecil beberapa ratus meter ke pedalaman. Di pinggiran pantai terdapatTumbuh tumbuhan yang sangat lebat sehingga menggangu pendengaran dan pandangan. Pohon-pohon tua yang besar memberikan perlindungan dan kenyamanan jika kita beristirahat sejenak di bawahnya. Di tepi selatan pantai ini terdapat tempat landasan untuk kapal kecil dan sering digunakan oleh nelayan setempat untuk melaut. 

Akses: Akses yang baik! Dari Kecamatan Sawo mengikuti jalan ke arah timur dari desa melintasi jembatan kecil sebagai jalan menuju ke pedalaman desa Seriwao. Belok ke kiri sisi jalan pertama. Lanjutkan perjalanan dengan melintasi jalanan yang sempit sekitar 2 km. setelah sampai desa Seriwa'o, jumpa persimpangan belok ke kiri dan mengikuti jalur ke pantai dengan berjalan kaki anda akan sampai di Pantai Lakha dan menemukan keindahannya
Pantai Seriwa'o berada di Desa Seriwa'o, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara.

5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi

5. Pantai Tureloto
Pantai Tureloto adalah lokasi pantai yang sangat terkenal bagi masyarakat lokal dan wisatawan domestik yang berkunjung ke sini. Pada setiap hari Minggu sekitar antara 100 sampai 300 penduduk setempat datang ke sini untuk makan, minum, bersantai dan berenang. Di depan Tureloto terdapat laguna yang besar dilindungi oleh rumah karang yang membuat tempat ini  sangat aman untuk berenang. Apa yang membuat Pantai Tureloto khusus adalah beberapa formasi geologi yang sangat unik, terbentuk oleh gempa bumi pada tahun 2005 yang lalu. Selama peristiwa gempa bumi pantai barat Pulau Nias ini terangkat hingga tiga meter ke daratan. Secara dramatis mengubah garis pantai barat utara pulau. Akibat pasca gempa, pantai ini  sekarang terletak 300 meter ke daratan. Terumbu karang biasanya terendam, kini terihat dan formasi karang yang sangat menarik bisa dilihat di sini. Di pantai ini juga terdapat cafe tempat untuk santai makan minum. 

Akses: 6 kilometer dari Kecamatan Lahewa. Dari Lahewa berkendara dari kota ke arah utara. Setelah 2 kilometer perjalanan terdapat persimpangan dan belok  ke kanan dan terus selama 4 kilometer ke pantai, anda akan melihat plang tanda untuk Beach Tureloto (Pantai Indah Tureloto). 
Pantai Tureloto berada di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

Itulah 5 Tempat Wisata Pantai Di Nias Yang Wajib Kamu Kunjungi.

2 komentar:

  1. asik jadi pengen ke Nias kapan-kapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukpiknik ke nias mas, nias sejuta kepingan surga nya Sumatera Utara :)

      Hapus