Minggu, 16 Oktober 2016

6 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Pantai Kubur, Wisata Favorit di Lampung

Apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali mendengar nama Pulau Kubur? Jangan merasa seram apalagi sampai membayangkan sebuah tempat angker. Pulau Kubur faktanya adalah sebuah sebuah pulau cantik yang mulai sering dilirik orang untuk dijadikan tempat refreshing melepas kepenatan. Letaknya ada di Teluk Lampung, tepatnya di pesisir kota Bandar Lampung yang juga merupakan ibukota Provinsi Lampung. 

Akses menuju kesana relatif mudah karena lokasinya juga tergolong dekat dengan pusat kota. Uniknya, luas Pulau Kubur ini hanya sekitar 5 hektar dan tidak didiami oleh penduduk. Wow, bener-bener serasa pulau milik pribadi bila kita pergi kesana. 

6 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Pantai Kubur, Wisata Favorit di Lampung



Nah, lalu kenapa ya pulau ini sekarang mulai jadi tempat favorit banyak wisatawan? Yuk simak 6 hal yang harus Anda tahu tentang Pulau Kubur ini.

1. Dulunya Digunakan Sebagai Tempat Menabur Abu Jenazah

Ya, istilah Pulau Kubur memang tak dipungkiri berasal dari asal muasal tempat ini yang digunakan sebagai tempat melarung abu jenazah orang. Namun itu sudah berlangsung sangat lama dan sekarang pulau ini justru menjelma menjadi tempat yang cantik, bersih, aman dan sangat jauh dari kesan angker.

2. Sensasi Perjalanan Asyik Naik Perahu

Karena berbentuk sebuah pulau yang terletak di daerah teluk, tentu saja wisatawan butuh perahu untuk bisa mencapai Pulau Kuburan. Wisatawan bisa naik perahu melalui Pulau Pasaran dengan jarak tempuh satu jam atau bisa juga berangkat melalui Pantai Puri Gading yang lokasinya lebih dekat ke Pulau Kuburan dengan jarak waktu hanya 10 menit. Semakin banyak anggota rombongan, semakin murah juga biaya sewa perahunya.

3. Siapkan Stamina Supaya Tidak Mabuk Laut

Jika hendak traveling, sudah tentu fisik harus dalam kondisi prima. Apalagi traveling dengan naik perahu di atas laut. Bagi Anda yang tidak terbiasa bepergian dengan moda transportasi air, bisa saja terkena mabuk laut. Meski perjalanan menuju Pulau Kubur tidak memakan waktu yang lama, namun tetap saja wisatawan harus menyiapkan fisik dengan maksimal. Minimal minumlah multivitamin tambahan atau obat anti mabuk yang bisa Anda beli dengan mudah di minimarket. Bila kondisi fisik selalu prima, menikmati Pulau Kuburan dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

4. Surganya para pemancing

Ini adalah salah satu daya tarik utama Pulau Kuburan; memancing. Ya, banyak wisatawan rela datang jauh-jauh ke pulau ini untuk memancing. Permukaan pulau ini memang lebar namun mengecil di bagian dasarnya. Bentuk topografi pulau seperti ini sangat disukai ikan-ikan untuk berkumpul dan berenang di dasar lautnya. Surga bukan bagi Anda yang hobi memancing. Mintalah perahu membawa Anda agak ke tengah karena bila Anda memancing di bagian tepi pantai, kail akan mudah tersangkut karang.

5. Pesona Matahari Terbenam yang Sulit Dilupakan

Selain untuk menghindari sinar matahari yang panas terik menyengat pada siang hari, datang ke pulau saat sore hari juga lebih dianjurkan karena air laut mulau surut dan ombak juga jauh lebih bersahabat dibanding pagi atau siang hari. Ssttt ada bonus lain yang menanti para wisatawan, yaitu momen matahari terbenam yang menyuguhkan pemandangan sangat cantik. Langit bersemburat oranye kemerahan akan membius setiap mata yang memandang.

6. Jadilah WIsatawan yang Bijak Dengan tidak Membuang Sampah

Tentu sebagai wisatawan yang bijak dan bertanggung jawab, tidak seharusnya kita meninggalkan apapun di lokasi tempat kita bepergian. Pulau Kuburan ini tidak didiami oleh penduduk, bahkan petugas kebersihan juga tidak setiap hari datang. 

Jika Anda sudah puas mengeksplorasi Pulau Kuburan dan hendak kembali pulang, jangan lupa angkut semua sampah bekas air minum, camilan atau makan siangmu. Di Pulau Kuburan tidak ada tempat khusus untuk membuang sampah melainkan hanya pondok-pondok kecil untuk berteduh dan beristirahat, maka sudah sewajarnya Anda sadar diri dan membawa pulang semua sampahmu.

Nah, setelah membaca pemaparan di atas, tentu Anda semakin ingin untuk segera berkemas menyiapkan ransel dan pergi mengeksplorasi keindahan dan keunikan Pulau Kuburan. Tunggu apalagi, segera jelajahi pesona keelokan alam yang ditawarkan pulau ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar