Selasa, 18 Oktober 2016

Keanekaragaman Seni dan Budaya Sumatera, dari Indonesia Bagian Barat

Dalam ikatan budaya Melayu, ada berbagai warna budaya dari tepi barat Aceh hingga ke Lampung di bagian selatan Sumatera. Sumatera dan beberapa pulau kecil di sekitar secara administratif dibagi menjadi 10 provinsi. Menari, dan lantunan puisi  telah menjadi cara unik untuk mengekspresikan hal-hal di masyarakat.

Keanekaragaman Seni dan Budaya Sumatera dari Indonesia Bagian Barat
Photo By : InfoPariwisata

Dari Aceh atau Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tari Saman dan belati yang berbentuk unik yang disebut Rencong telah muncul sebagai spesialisasi yang terkenal. Begitu juga dalam keharmonisan gerakan tubuh, lagu dan puisi dari penari nya, tari Saman mempunyai banyak makna dalam bidang agama, etika, pendidikan, serta mempunyai pesan patriotik.

Di wilayah Sumatera Utara, Anda juga dapat menemukan karya arsitektur yang megah. Didominasi oleh Batak, Melayu dan suku Nias, orang di Sumatera utara tidak hanya dikenal sebagai penari yang baik dan penyanyi yang handal, tetapi juga sebagai perajin terampil yang mencampur karya arsitektur dengan ukiran dan seni patung. seni arsitektur dalam bentuk perumahan tradisional dapat ditemukan di pulau Samosir. Anda disarankan untuk membawa pulang kain Ulos sebagai buah tangan jika berkunjung ke pulau ini, kain khusus yang akan mengingatkan kenangan Anda pada keunikan budaya dari Tano Batak.

Saat mengunjungi Sumatera Utara, Anda harus meluangkan waktu Anda untuk pergi ke pulau kecil di sisi barat Sumatera. Pulau Nias disebut oleh Suku Nias (Ono Niha) sebagai Tano Niha. ritual tradisional lompat batu telah menjadi ikon budaya dari Suku Nias. Daya tarik anak muda Nias terampil dan kuat melompat  batu lebih dari 2  meter tingginya, yang akan menjadi pertunjukan yang menarik bagi anda sehinggaa jika anda berkunjung ke pulau nias ini anda tidak boleh melewatkan atraksi tersebut.

Hukum adat dan kesenian dari suku Minangkabau adalah magnet dari Sumatera Barat. Rumah Gadang tampaknya menarik, rumah tradisional dengan tanduk kerbau yang unik berbentuk atap. Budaya khas suku Minang juga tercermin melalui campuran seni bela diri dengan tarian, musik dan seni pertunjukan yang dikemas sebagai 'silek'.

Pesona Sumatera juga dipancarkan dari tepi utara Pulau sebagai pancaran emas dari kain Tapis berasal dari Lampung .bordiran kain benang emas telah menjadi simbol suci tradisional masyarakat Lampung. Saat ini, kain Tapis dengan berbagai pola hias menjadi kerajinan tradisional dengan nilai ekonomi yang sangat tinggi.

1 komentar: