Rabu, 26 Oktober 2016

Pesona Alam Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo Sumatera Utara yang Sulit Dilupakan

Berbicara tentang objek wisata yang ada di Indonesia seolah tak ada habisnya, karena memang Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang patut untuk Anda coba keindahannya.

Diantara sederetan objek wisata yang ada di Indonesia dan patut untuk diacungi jempol adalah Pulau Pandang serta Pulau Salah Namo yang ada di Sumatera Utara. Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo ini hanya dua diantara sekian banyak titik wisata yang ada di Sumatera Utara dan juga termasuk anggota dari 3 pulau yang berada di wilayah terluar Indonesia.

Mungkin Anda tak terlalu sering mendengar kedua pulau ini disebutkan, namun masing-masing pulau ini menjanjikan keindahan yang tak akan Anda lupakan jika Anda mengunjunginya, yang tentu saja tak kalah eksotis dengan objek wisata yang lain.

Pulau Pandang

Pesona Alam Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo Sumatera Utara yang Sulit Dilupakan

Secara administratif, Pulau Pandang masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Tanjung Tiram di Kabupaten Batu Bara, sebuah Kabupaten yang kaya akan potensi wisata, baik wisata bahari maupun wisata budayanya dan masih berdekatan juga dengan Selat Malaka.

Apa yang bisa dinikmati dari Pulau ini? Jangan ragu akan hal tersebut karena Pulau Pandang ini akan menampakkan keindahan alamnya di hadapan Anda, yang didukung dengan kondisi alamnya yang masih asri dengan perairannya yang jernih.

Anda juga akan disuguhi pemandangan karang yang memang menghiasi sekeliling Pulau dan termasuk dalam salah satu pulau penangkaran penyu yang ada di Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling ataupun berenang, Anda boleh menjajal kemampuan Anda di perairan Pulau Pandang ini, karena dijamin Anda akan puas dengan pemandangan yang akan menyapa penglihatan Anda, karena keindahan tersebut memang tampak jelas di bawah air yang jernih.

Di sekitar bibir pantai juga banyak ditemukan batu-batu yang ukurannya lumayan besar. Nah, Anda bisa mencoba memancing disini, siapa tau Anda berhasil mendapatkan ikan, namun Anda harus hati-hati karena disini terdapat bulu babi.

Jika Anda merasa lelah, Anda bisa beristirahat di pondok-pondok yang ada di pulau ini. Tetapi jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar Pulau Pandang dari ketinggian, bolehlah Anda menaiki mercusuar yang berwarna putih yang berada di puncak bukit pulau Pandang.


Pulau Salah Namo

Pesona Alam Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo Sumatera Utara yang Sulit Dilupakan

Setelah puas menikmati keindahan Pulau Pandang, sebaiknya Anda jangan beranjak pulang terlebih dahulu. Ada baiknya juga Anda mengunjungi Pulau Salah Namo yang merupakan tetangga Pulau Pandang dengan jarak tempuh yang hanya kurang lebih selama 1 jam dari Pulau Pandang.

Jika di Pulau Pandang Anda akan disambut oleh batu dengan ukuran yang lumayan besar, berbeda dengan Pulau Salah Namo yang akan menyambut Anda dengan pot keramik yang diletakkan di setiap jalan yang harus Anda lalui.

Perbedaan lain Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo adalah, jika Pulau Pandang merupakan tempat penangkaran penyu, maka di Pulau Salah Namo Anda akan menemukan penangkaran ikan yang dikelola oleh nelayan setempat.

Ikan yang dipelihara pun cukup beragam dan Anda bisa membawanya untuk oleh-oleh dengan cara membelinya. Ingin melakukan snorkeling juga? Bisa kok, karena di pulau ini juga ada beberapa titik untuk melakukan hal tersebut.

Namun, perlu diketahui, pantai Pulau Salah Namo ini ukurannya kecil dan Anda lebih banyak menjumpai tebing disini. Dan jika Anda mengunjungi pulau ini di waktu yang tepat, Anda akan menjumpai ikan lumba-lumba yang berenang tak jauh dari pulau ini.

Aksesibilitas Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo

Untuk mencapai kedua pulau yang ‘wah’ ini, Anda silahkan langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Tiram yang ada di Kota Batubara. Nah, dari sini Anda bisa menyewa kapal untuk menuju tempat tujuan.

Tentu ini adalah rute yang wajib Anda tempuh untuk mencapai kedua pulau ini. Sehingga jika Anda mudah mabuk laut, sebaiknya Anda meminum obat anti mabuk terlebih dahulu.

Jika Anda ingin perjalanan yang lebih praktis dengan anggota yang ikut serta cukup banyak, Anda bisa menggunakan salah satu jasa paket wisata untuk menuju kedua pulau ini.

Nah, itulah ulasan mengenai Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar