Selasa, 11 Oktober 2016

Wisata Alam Pulau Mursala Dengan Pesona Eksotis Air Terjunnya

Pergi berwisata adalah keputusan yang baik untuk diambil saat pikiran tengah kacau atau merasa sedang stres, karena dijamin dengan menikmati hal lain yang indah dan mempesona, akan membuat pikiran jadi fresh kembali dan rileks kembali.

Wisata Alam Pulau Mursala Dengan Pesona Eksotis Air TerjunnyaBuat  Anda yang lagi mencari tempat wisata terbaik untuk merefres diri,  tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Karena di negeri memiliki banyak sekali aneka ragam spot wisata eksotis yang layak, bahkan sangat layak untuk  Anda kunjungi karena berbagai pesona keindahan yang ditawarkan.

Nah, pada kesempatan kali khusus buat  Anda yang ingin berwisata di Sumatera Selatan, kami akan ulas salah satu tempat wisata menarik yang mungkin bisa  Anda jadikan reverensi, tujuan wisata anda, yaitu destinasi wisata Pulau Mursala dan juga pesona  Air Terjun Pulau Mursala 

Pulau Mursala

Wisata Alam Pulau Mursala Dengan Pesona Eksotis Air Terjunnya

Pulau Mursala atau yang disebut dengan Mansalaar Island ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Jika  Anda sudah menonton film Kingkong yang rilis pada tahun 2005, Pulau inilah yang menjadi lokasi syutingnya. Keren bukan?

Secara administratif, Pulau Mursala ini masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan luas yang mencapai 8.000 hektar menjadikan Pulau yang terletak diantara Pulau Nias dan Pulau Sumatera ini sebagai Pulau yang terbesar di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sekalipun luas, Pulau ini hanya dihuni oleh sekitar 60 KK, sehingga  Anda sebaiknya tidak terlalu berharap bisa melihat aktivitas penduduk di sini. Pulau Mursala juga dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil disekitarnya yang kebanyakan juga tidak ada penghuninya.

Di Pulau Mursala ini memiliki beberapa potensi wisata yang juga tak kalah mempesona. Nah, berikut ini beberapa diantaranya

  • Bonsai Pinang Merah Alam yang ada di atas bebatuan yang curam
  • Gugusan komposisi batu yang curam
  • Batu Garuda yang berada pada ketinggian kurang lebih 70 mdpl
  • Hamparan pasir putih yang ada di Pulau Puti yang dekat dengan Pulau Mursala
  • Laguna yang dihiasi dengan hamparan pasir putih di pantainya yang menyatukan Pulau Kalimantung Na Menek dan Pulau Silabulabu Na Godang
Jika  Anda adalah seorang yang suka menjelajah alam, sebaiknya  Anda menahan diri ketika di Pulau ini, karena di Pulau ini sering terdapat pelaku illegal logging yang sering panik jika mengetahui ada orang yang datang dan bisa saja  Anda kena tembak nantinya.

Sehingga sebaiknya  Anda hanya cukup sampai di pinggiran Pulau saja demi keselamatan Anda. Atau  Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan penduduk yang ada di sekitar Pulau jika  Anda tetap nekat untuk masuk.

Air Terjun Pulau Mursala

Wisata Alam Pulau Mursala Dengan Pesona Eksotis Air Terjunnya

Air terjun Pulau Mursala merupakan salah satu obyek andalan di pulai ini. air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 35 meter dan bersumber dari sungai yang ada di Pulau indonesia yang panjangnya hanya mencapai 700 meter dan menjadi sungai yang terpendek di Indonesia.

Keunikan dari air terjun ini adalah airnya langsung jatuh ke laut dengan melewati tebing batu granit yang berwarna kemerahan dan berada pada sisi Pulau yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Air Terjun Pulau Mursala ini merupakan salah satu dari tiga air terjun di negeri ini,  yang airnya langsung mengalir ke laut, sedangkan dua lainnya adalah Air Terjun Banyu Tibo yang ada di Pacitan dan Air Terjun Jogan yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta.


Jika hobi  Anda menjelajah alam harus ditahan di Pulau Mursala, maka berbeda dengan hobi berenang Anda. di seputaran air terjun ini  Anda bebas menyalurkan hobby  Anda tersebut. Namun jangan heran dengan ombak laut karena memang ombaknya cukup besar mengingat lokasinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Air Terjun Pulau Mursala ini rasanya tawar, bahkan hingga seluas sekitar 100 meter di permukaan laut.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Pulau Mursala dan pesona Air Terjunnya, serta berbagai keunikan yang ada di dalamnya. Semoga dapat menjadi referensi bagi  Anda yang saat ini tengah kebingungan mencari lokasi wisata yang pas untuk melepaskan beban pikiran dengan suasana yang berbeda. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar