Sabtu, 08 Oktober 2016

Hutan Wisata Punti Kayu, Wisata Alam di Tengah Kota Palembang

Kota Palembang ternyata tidak hanya terkenal akan makanan khas pempek dan jembatan Ampera saja. Kota Palembang juga memiliki salah satu destinasi wisata alam yang tengah menjadi favorit masyarakat sekitar maupun mancanegara yaitu Hutan Wisata Punti Kayu.

Hutan Wisata Punti Kayu merupakan salah satu destinasi wisata yang unik karena menjadi satu-satunya kawasan wisata alam di Indonesia yang letaknya di tengah-tengah kota. Banyaknya sarana hiburan yang disediakan di tempat ini juga menjadikan Punti Kayu menjadi destinasi favorit keluarga ketika masa liburan tiba.

Hutan Wisata Punti Kayu, Wisata Alam di Tengah Kota Palembang

Lokasi Hutan Wisata Punti Kayu

Salah satu hal yang membedakan Hutan Wisata Punti Kayu dengan tempat wisata alam lainnya adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah kota Palembang. Tepatnya di jalan Kol. H. Burlian Km. 6,5 Palembang, Sumatera Selatan. Kawasan hutan wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.  

Sejarah Hutan Wisata Punti Kayu

Sejak tahun 1937 kawasan Hutan Wisata Punti Kayu telah dijadikan sebagai kawasan uji coba penanaman pohon pinus dataran rendah oleh pemerintah kolonial Belanda. Kala itu luas area yang ditanami pinus oleh pemerintah Belanda mencapai 98 hektar. 

Sayangnya luasan itu kini telah berkurang hingga sekitar 50 hektar karena dipakai untuk keperluan Kodam II/Sriwijaya, pembuatan asrama polisi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Hutan Wisata Punti Kayu juga sempat mengalami perubahan nama dari Taman Sari kemudian diganti dengan nama Syailendra sampai menjadi Hutan Wisata Punti Kayu saat ini.

Hutan Wisata Punti Kayu Sebagai Hutan Konservasi dan Hutan Wisata

Kawasan Hutan Wisata Punti Kayu tidak hanya berperan sebagai tempat rekreasi masyarakat saja. Kawasan ini juga kaya akan keanekaragaman hayati karena difungsikan juga sebagai tempat konservasi aneka flora dan fauna khas indonesia oleh Kementerian Kehutanan.

Pengelolaan Hutan Wisata Punti Kayu kini dipegang oleh pihak ketiga yakni PT. Indosuma Putra Citra sejak tahun 1999. Pihak pengelola kemudian mengembangkan kawasan Hutan Wisata Punti Kayu menjadi 4 area wisata yakni area taman rekreasi, area hutan lindung, area perkemahan dan area danau dan rawa. 

Beberapa jenis flora yang tumbuh di Hutan Wisata Punti kayu ini diantaranya pohon pinus, mahoni, akasia, pulai, meranti, sengon, albasia, kayu putih, bambu, ketapang, plangas, beringin, jarak, angsana, kapuk, walikukun, lamtoro, asam jawa, waru dan talog. 

Selain itu, Hutan Wisata Punti Kayu juga menjadi habitat alami bagi beberapa fauna seperti musang, biawak, aneka seranggga langka, beruk, ular phiton, bajing tanah, kera ekor panjang, burung pipit, burung perkutut, burung cici, burung kutilang, burung murai, burung raja udang, burung prenjak dan masih banyak lagi.

Dalam perkembangannya, Hutan Wisata Punti Kayu juga berperan sebagai tempat rekreasi, tempat kegiatan budaya hingga tempat penelitian dan pendidikan karena keberagaman flora dan fauna yang dimilikinya. 

Bahkan tidak jarang jika liburan sekolah, tempat ini dipenuhi oleh siswa sekolah mapun mahasiswa yang melakukan penelitian dan pengenalan beragam kekayaan hayati Indonesia.

Fasilitas Hutan Wisata Punti Kayu

Untuk masuk ke area Hutan Wisata Punti Kayu, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp. 7.000 untuk orang dewasa dan Rp. 4.000 untuk anak-anak. 

Selain tiket masuknya yang murah, untuk menarik perhatian pengunjung dan menunjang kegiatan wisata, pihak pengelola Hutan Wisata Punti Kayu juga menyediakan beragam wahana wisata dan edukasi. 

Beberapa diantaranya seperti flying fox, kanopi bridge, taman satwa, outbond training, perahu bebek, perahu naga, paket wisata anak cerdas, pengamatan hutan pinus, penanaman pohon, pos pengamatan satwa, menaiki gajah dan kuda, ruang serbaguna, kolam renang dan sarana olahraga.

Selain itu, pihak pengelola Hutan Wisata Punti Kayu juga menyediakan pondok-pondok sebagai tempat berteduh, bersantai maupun berkumpul bersama keluarga serta warung-warung kecil yang menjual minuman dan makanan ringan.

Hutan Wisata Punti Kayu memang tempat wisata alam yang unik dan menarik. Bila Anda suatu saat nanti jalan-jalan ke Sumatera Selatan, jangan lupa berkunjung ke Hutan Wisata Punti Kayu, wisata alam di tengah kota Palembang yang mempesona ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar