Kamis, 27 Oktober 2016

Arung Jeram Sungai Manna Sumatera Selatan, Surganya Wisata Adrenalin

Apa yang pertama kali terbesit dalam benak Anda begitu mendengar kata Sumatera Selatan? Pasti empek-empek,bukan? Atau mungkin jembatan Ampera? Kebanyakan dari kita hanya mengetahui hal-hal itu saja dari bumi Sriwijaya ini. Padahal jika ditelisik lebih jauh, provinsi Sumatera Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata yang tidak kalah kerennya dari tempat-tempat wisata di tempat lain.  

Arung Jeram Sungai Manna Sumatera Selatan, Surganya Wisata Adrenalin

Nah, bagi Anda semua yang gemar memacuh adrenalin, maka Anda wajib memasukkan Sungai Manna sebagai tujuan destinasi wisata Anda. Kenapa? Perlu Anda ketahui bahwa ternyata Sungai Manna merupakan salah satu tempat arung jeram paling keren negeri ini. 

Lokasi arung jeram Sungai Manna

Sungai yang terletak di bagian wilayah Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat yang jaraknya sekitar 40 km dari kota Pagar Alam, Sumatera Selatan ini merupakan sungai dengan level kesulitan yang beragam ini tentu akan memacuh adrenalin Anda lagi dan lagi. Tak hanya memiliki tingkat kesulitan dengan variasi level, Sungai Manna dijamin juga akan memanjakan mata Anda sepanjang perjalanan adrenalin menembus derasnya arus yang berkecamuk sana-kemari itu. 

Lalu bagaimana dengan transportasi menuju tempat arung jeram?

Tidak perlu risau mengenai tarsnportasi. Bagi Anda yang ingin menuju lokasi arung jeram, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah booking  penginapan dahulu. Setelah Anda mendapatkan penginapan atau tempat untuk bermalam, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak yang menyediakan jasa transportasi menuju tempat arung jeram Sungai Manna. 

Dan apabila ingin memesan penginapan dan arung jeram sekaligus, banyak jasa yang bisa Anda temukan di kota Pagar Alam yang akan menawarkan Anda berbagai macam paket. Oya, usahakan untuk pergi sepagi mungkin, jadi begitu sampai Anda bisa beristirahat lebih dulu, sambil meluruskan kaki dan menikmati udara sejuk sekitar sungai. Baru setelah agak siang, Anda bersama rombongan, memacu andrenalin Anda dengan menikmati sensasi arung jeram yang menantang.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Soal biaya juga Anda tak perlu risau. Cukup sediakan setidaknya minimal lima ratus ribu rupiah maka wisata adrenalin Anda dapat segera terlaksana hingga puas. Mungkin biaya tersebut bagi sebagian orang cukup mahal, namun dengan membayar dengan sejumlah uang tersebut, Anda dapat menikmati fasilitas yang setara dengan harganya, yakni penjemputan, pengantaran kembali menuju penginapan. Namun ingat, tarif tersebut ada syaratnya yaitu minimal harus terdiri dari lima orang peserta arung jeram.

Apa saja detail paket denga harga nyaris setengah juta itu?

Banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan selain penjemputan dan pengantaran yaitu berupa tim penyelamat, perahu karet, pemandu, retribusi, asuransi, air mineral ditambah lagi dengan bonus file dokumentasi selama proses arung jeram berlangsung. Asyik bukan?

Bagaimana dengan proses arung jeramnya?

Arung Jeram Sungai Manna Sumatera Selatan, Surganya Wisata Adrenalin

Arung jeram Sungai Manna terkenal memiliki rute dengan level kesulitan yang bervariasi. Jadi pertama-tama, Anda harus persiapkan mental lebih dahulu dengan baik. Hal selanjutnya yaitu dengarkan instruksi dari pemandu arung jeram Anda dengan baik. Jangan lewatkan sedikit pun informasi dari pemandu Anda itu. Hal kedua yang paling penting adalah Anda mampu menjadi pendengar yang baik. 

Kemudian hal ketiga sebagai pengetahuan untuk Anda yaitu durasi waktu yang biasanya digunakan untuk melalui titik awal hingga titik akhir kurang lebih dua jam. Seperti yang sudah disebutkan sejak awal bahwa sungai ini memiliki level kesulitan yang bervariasi, jadi bagi pemula harus berhati-hati soal ini. 

Misalnya saja jika Anda berangkat dari titik awal, lintasan yang tampaknya begitu lebar mungkin tidak akan ada yang menduga bahwa lima belas kilometer setelahnya akan ada jalur yang lebih sempit dengan gemuruh derasnya air yang bergejolak kesana-kemari yang bisa saja denganmudah menghantam perahu sewaktu-waktu. 

Tidak hanya menyajikan beragam kejutan di lintasannya saja, dinding-dinding bebatuan sungai juga akan menambah aroma “seram” saat melakukan arung jeram. Jadi apalagi yang Anda tunggu? Segera rencanakan destinasi wisata pacuh adrenalin Anda dengan bermain arung jeram di Sungai Manna, Sumatera Selatan dan sekaligus menjadi pelestari keindahan alam bumi Pertiwi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar