Rabu, 12 Oktober 2016

Pesona Eksotis Wisata Negeri Pematang Siantar, Kota Raja-Raja

Sayup-sayup terdengar di kejauhan suara burung yang terbawa angin, merapat bagai bisikan lembut di telinga dan menyejukkan hati. Kita bisa saja menipu perasaan namun ketika berdiri dan menatap langit, kita tak akan dapat menahan hasrat yang menginginkan indahnya alam negeri ini. Lalu kita berjalan menelusuri keseimbangan bumi di bawah kokohnya langit dan rapuhnya awan.

Astaga, kita lupa dimana kita berada. Inilah negeri para raja, turunan darah biru yang terbenam jauh di bawah bumi. Menyisakan sejarah yang tak lekang oleh kikisan waktu dan kembali berjaya jika melihat alam dan keindahan tempatnya.

Pematang Siantar, negeri para raja. Berwisata ke kota ini bukan saja menjadi bagian dari destinasi catatan kecil yang dibawa seorang penjelajah, namun juga banyak sekali kisah yang dapat dijadikan sebuah pelajaran untuk mengenang betapa perkasanya nusantara di masa lampau.

Sejarah Pematang Siantar

Dulu, di tempat ini berdiri sebuah kerajaan yang bernama Siantar yang dipimpin oleh seorang raja pewaris takhta terakhir dari Dinasti Damanik, Sangnaualuh nama raja itu. Perjanjian pendek dengan penjajah Belanda membuat dampak besar pada Kerajaan, karena berakhir dengan pendudukan dan penguasaan Belanda terhadap Siantar. Perlawanan dari sang Raja dan rakyatnya untuk mengusir penjajahan tidak akan terlupakan oleh waktu dan menjadi cerita bersejarah yang dapat dijadikan sebuah kenangan bagaimana kuat dan hebatnya Pulau Holing di negeri ini.



Sampai pada akhirnya waktu mengubah rupa dan bentuknya, kini Pulau Holing kita kenal dengan sebutan Kampung Pematang. Banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Pematang Siantar ini dan tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di pulau-pulau dan kota lainnya di Indonesia.

Tempat Kunjungan Wisata Pematang Siantar

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa tujuan wisata yang ada di Pematang siantar.

1. Tugu Raja Siantar Sangnaualuh

Tugu ini merupakan tugu untuk memperingati Sang Raja dari Dinasti Damanik pewaris takhta terakhir Kerajaan Siantar ketika melawan penjajahan Belanda sebelum akhirnya ditangkap Belanda dan diasingkan di Bengkalis. 

Banyak sekali kisah mengenai Raja Sangnaualuh ini, dan bisa dibilang di Pematang Siantar ini adalah Kotanya Para Raja karena selain memiliki adat turun temurun mewariskan takhta kerajaan pada generasi penerusnya, juga terdapat banyak kejadian bersejarah lain yang melibatkan Raja-Raja terdahulu. 

Tugu ini diresmikan pada tahun 1982 oleh pemerintahan Indonesia kala itu. Jika anda menginginkan wisata dengan kisah sejarah yang mendominasI, maka tidak ada salahnya anda datang ke Jl. Pematang, Sumatera Utara untuk mengenang dan menghormati salah satu pahlawan perjuangan melawan penjajahan. 

2. Museum Simalungun

Dibuka tahun 1940 ketika 5 tahun menjelang Indonesia Merdeka. Museum ini berada di Jl. Jenderal Sudirman, Sumatera Utara dan menyimpan banyak sekali benda peninggalan kuno dari beberapa generasi dan kerajaan. Ada juga peninggalan dari etnis Suku Batak Simalungun yang dapat di lihat di dalam Museum ini.



Yang tidak kalah uniknya adalah jajaran patung yang dinamakan Patung Panghulubalang yang pada saat itu berfungsi sebagai media magis bagi etnis Batak untuk menghormati leluhur dan melakukan ritual tertentu.

Banyak sekali benda-benda peninggalan yang tersimpan di tempat ini mulai dari ragam hias kuno, patung, perabotan, senjata bahkan ada alat kesenian seperti Ogung dan Sarunai. Jika anda penasaran, datang saja ke sini dan nikmati tempat bersejarah seperti seorang penjelajah waktu.


3. Kebun Binatang Pematang Siantar

Dikenal juga dengan nama Taman Hewan Pematang Siantar (THPS). Kebun binantang ini cukup luas karena memiliki wilayah selebar 4 hektar dan merupakan destinasi wisata keluarga di Sumatera Utara. Anda akan menemukan berbagai macam ragam hewan yang tidak kalah dengan kebun binatang di Surabaya. Jadi, jika anda singgah di Kota Pematang Siantar, tidak salahnya anda berkunjung kesini untuk sekedar melepas penat dan melihat hewan-hewan yang ada.

4. Taman Bunga / Lapangan Merdeka Siantar

Sebetulnya taman ini adalah sebuah Lapangan yang terbuka untuk umum. Lokasinya yang rindang, dingin ditambah dengan semilir angin dan bunga-bunga yang tumbuh di beberapa sudut mendominasi keindahan di taman ini. Oleh karena itu tidak heran jika banyak wisatawan yang melepas penat di tempat ini untuk sekedar bercengkrama atau membuat momen-momen romantis dengan pasangan.


5. Air Terjun Bah Butong

Letaknya di kawasan perkebunan teh di Sidamanik dan merupakan sebuah air terjun yang memiliki keunikan yaitu turbin yang dibuat pada masa pendudukan Nippon/Jepang. Air terjun ini memiliki ketinggian 7 meter dan di sekelilingnya terdapat banyak tumbuhan yang membuat hijau dan terkesan asri.

6. Vihara Avaloskitesvara


Vihara yang terkenal dengan Patung Dewi Kwan Imnya ini diresmikan 15 November 2015. Tempat ini merupakan landmark wisata Kota Pematang Siantar dan sebagai simbol keberagaman agama dan kultur budaya yang ada. Jika anda berada di dalamnya, maka anda dapat melihat spot landscape Kota Raja-Raja ini.

7. Perkebunan Teh Sidamanik

Tempat ini dekat sekali dengan Air Terjun Bah Butong, oleh karena itu jika anda pergi ke salah satunya ada pasti akan mengunjungi keduanya karena jaraknya yang sangat dekat. Perkebunan penghasil Teh Hitam ini merupakan kebun teh terbesar kedua di Indonesia. Beroperasi sudah puluhan tahun dan selalu menghasilkan teh berkualitas yang biasa dikonsumsi kala diet. Jika anda menggemari liburan ke kebun teh yang ada di bandung, maka anda harus menyempatkan waktu datang ke Perkebunan Teh Sidamanik ketika berada di Sumatera Utara.

Jika dipikir-pikir, Indonesia ini kaya sekali akan adat, budaya, sejarah bahkan wisatanya bukan hanya tidak kalah tapi juga sejajar dengan tempat wisata yang ada di luar negeri sana. Oleh karena itu jika anda lebih mencintai wisata di luar negeri, coba anda pikir-pikir lagi. Karena Negeri kita ini lebih disanjung oleh orang asing dari pada sanjungan kita terhadap mereka. 
Itulah beberapa informasi eksotika wisata yang bisa anda kunjungi kala bertandang ke Sumatera Utara. Semoga informasi singkat ini dapat berguna, dan bisa di jadikan referensi yang bermanfaat buat pembaca semua.

1 komentar:

  1. Pematang siantar kota yang sejuk, jangan lupa oleh2 roti ganda, ciri khas siantar...heheheh

    BalasHapus