Senin, 31 Oktober 2016

Panorama Eksotis di Pulau Berhala Sumatera Utara

Berwisata bisa dilakukan dimana saja, apalagi negeri ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang luar biasa cantiknya. Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa berwisata merupakan solusi atau alternatif untuk merefresh kembali pikiran dan juga bisa menjadi momen yang paling pas untuk mendekatkan diri dengan keluarga.

Panorama Eksotis di Pulau Berhala Sumatera Utara

Jika Anda sudah bosan mengajak anggota keluarga atau pasangan berkunjung ke pantai, pemandian atau tempat yang sudah sering dikunjungi seblumnya, sesekali berkunjung ke tempat terluar dari wilayah Negara Indonesia, misalnya Pulau Berhala yang ada di Sumatera Utara. 

Namanya memang seram, Pulau Berhala, namun dibalik namanya ini tersimpan keindahan yang luar biasa, dan mungkin Anda akan enggan pulang setelah Anda memasukinya. Anda penasaran dengan Pulau Berhala lebih lengkapnya, silahkan baca ulasan berikut ini.

Lokasi Pulau Berhala

Anda tidak akan bisa mencapai Pulau Berhala jika Anda tidak tahu lokasinya berada dimana bukan? Ya, seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, Pulau Berhala ini berada di Sumatera Utara dan masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Tanjung Beringin di Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebagai pulau terluar, Pulau Berhala ini terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, serta terletak di tengah Selat Malaka. Anda tidak perlu khawatir saat mengunjungi pulau ini sekalipun pulau ini adalah pulau perbatasan, karena di pulau ini dijaga oleh marinir dan juga sejumlah anggota TNI AD.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan nama yang disematkan pada pulau ini karena sebenarnya pulau ini dulunya hanyalah tempat persinggahan sementara bagi para pedagang yang kebanyakan berasal dari Cina. Para pedagang itu juga menyembah batu-batu besar yang banyak terdapat di pulau ini, itulah mengapa pulau kecil ini disebut dengan Pulau Berhala.

Keistimewaan Pulau Berhala
Selain dapat menikmati segarnya udara Pulau Berhala yang menjadi hal yang langka di daerah kota, Pulau Berhala juga menawarkan beberapa keistimewaan lainnya, yaitu:
  1. Pulau Berhala ini memiliki luas 5 hektar dan tidak dihuni oleh penduduk sipil sehingga Anda pun seolah berlibur ke pulau pribadi
  2. Pulau Berhala merupakan salah satu pulau penangkaran penyu di Indonesia
  3. Sebagian pantai yang ada di Pulau Berhala dihiasi oleh hamparan pasir putih yang lembut dan sebagian yang lainnya dihiasi oleh batu-batuan yang cantik
  4. Hobi snorkeling ataupun berenang dapat tersalurkan di perairan Pulau Berhala yang memiliki air yang sangat jernih ini
  5. Bosan menikmati pemandangan? Pengunjung juga bisa menaiki mercusuar dengan menapaki sekitar 800-an anak tangga yang dimilikinya. Di puncak mercusuar ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitar pulau. Mercusuar ini sengaja dibangun untuk mengawasi perairan Pulau Berhala
  6. Dari atas mercusuar ini Anda juga dapat menikmati pemandangan Pulau Sokong Datuk dan juga Pulau sokong Nenek yang ada di tengah lautan lepas
  7. Saat sore hari adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menikmati sunset di pantai Pulau Berhala
  8. Jika Anda disaat yang tepat, pada pagi hari tertentu Anda dapat turut menikmati pemandangan pelepasan bayi penyu atau tukik

Aksesibilitas Pulau Berhala

Untuk mencapai Pulau Berhala bukanlah hal yang sulit. Namun, ada satu persiapan penting yang harus Anda ingat sebelum Anda berangkat adalah Anda harus mengurus surat izin di Kantor Serdang Bedagai. Barulah Anda mulai perjalanan Anda.

Perjalanan yang harus Anda tempuh adalah perjalanan darat dan perjalanan laut. Perjalanan darat ini dimulai dari Medan. Dari Medan, anda langsung menuju ke Kecamatan Tanjung Beringin dengan waktu yang dibutuhkan kira-kira selama kurang lebih 2 jam. 

Setelah sampai di Kecamatan ini, Anda melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal nelayan untuk mencapai dermaga Pulau Berhala. Waktu yang dibutuhkan kira-kira selama 3 jam. Setelah sampai di pulau tujuan, Anda diwajibkan melapor ke Pos Keamanan dengan menunjukkan KTP atau kartu tanda pengenal lainnya.

Nah, itulah ulasan mengenai Pulau Berhala yang ada di Sumatera Utara. Sudah tidak diragukan lagi Pulau terluar ini menjanjikan pemandangan luar biasa yang mampu menghapus beban dari pikiran Anda. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar