Senin, 24 Oktober 2016

Keindahan Panorama Pantai dan Pesona Pasir Putih Pantai Tikus Bangka Belitung

Jika Anda sedang merencanakan wisata ke Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa memasukkan Pantai Tikus sebagai salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi. Meskipun namanya terdengar sedikit aneh dan membuat geli, namun keindahan pantai ini tidak usah di ragukan lagi. Pantai Tikus tepatnya berada di timur Kecamatan Sungai Liat, Pulau Bangka. Pantai ini berada diantara jajaran beberapa pantai di Bangka lainnya, yaitu Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Rebo atau Pantai Rebuk.

Keindahan Panorama Pantai dan Pesona Pasir Putih Pantai Tikus Bangka Belitung

Pesona Batuan Granit Pantai Tikus

Pantai Tikus merupakan pantai yang masih asri dan terjaga kelestariannya. Pasir putihnya yang sangat halus membuat pantai ini semakin mempersona. Terlebih dengan air lautnya yang berwarna kebiruan membuat pantai ini semakin cantik. Selain itu seperti karakteristik pantai di Bangka lainnya, di Pantai Tikus juga terdapat bebatuan granit berukuran besar yang terletak di sepanjang pantai. Pantai ini juga memiliki keunikan lainnya, yaitu terdapat bagian sisi dari Pantai tikus ini yang berupa bebatuan terjal dan berpasir.

Pantai Tikus merupakan salah satu pantai yang termasuk pantai yang panjang dibandingkan beberapa pantai lainnya di Bangka. Bahkan penduduk sekitar Pantai Tikus ini memberikan penanda pada beberapa bagian pantai sendiri seperti pantai vihara, pantai cinta, pantai kebun mangga, pohon akasia, dan lain-lain karena saking panjangnya pantai ini. Karakteristik Pantai Tikus yang panjang ini membuat berjalan-jalan dengan keluarga atau pasangan di sebanjang bibir pantai merupakan kegiatan yang sangat cocok dilakukan di Pantai ini. Di sepanjang jalan Anda dapat mengambil beberapa gambar sambil menikmati panorama yang ada.

Di salah satu bagian Pantai Tikus ada sebuah pantai yang di beri nama Pantai Kebun Mangga karena pantai ini diapit oleh kebun pohon mangga Pantai yang dekat dengan kebun mangga ini berupa tebing berbatu yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari Pantai Kebun Mangga ini pengunjung bisa melihat Pantai Rebo atau Rebuk. Sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan mempesona.

Puri Tri Agung Pantai Tikus

Keindahan Panorama Pantai dan Pesona Pasir Putih Pantai Tikus Bangka Belitung

Selain itu penduduk juga menyebut bagian sisi lain dari pantai ini sebagai pantai vihara atau pantai pagoda.  Karena di Pantai Tikus ini terdapat pagoda vihara yang bernama Puri Tri Agung, yaitu tempat untuk beribadah oleh orang Buddha atau Konghucu yang sangat besar dan megah. Pagoda ini berada di atas bukit sehingga dari tempat ini dapat dilihat pemandangan seluruh pantai tikus yang luas dan indah.  Dari tempat ini pengunjung juga dapat melihat sunrise dan sunset yang sangat menawan. Sehingga banyak pengunjung yang menyempatkan waktu datang pada waktu pagi dan sore hari untuk menyaksikan keindahan sunrise dan sunset dari bukit ini. Kemegahan vihara Puri Tri Agung juga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mengambil gambar di lokasi ini.

Asal Muasal Nama Pantai Tikus

Asal muasal pantai ini disebut dengan nama Pantai Tikus karena di pantai ini banyak sekali terdapat jalan tikus atau jalan setapak. Konon banyaknya jalan tikus di pantai ini dulu dibuat oleh penambang timah ilegal untuk membawa timahnya ke sisi lain pantai. Oleh karena itu lama kelamaan meskipun kegiatan menambang timah ilegal sudah tidak beroperasi, bekas jalan tikus yang sudah dibuat itu membuat pantai ini diberi naman Pantai tikus.

Akses Ke Pantai Tikus Bangka Belitung

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai Tikus, Anda dapat menempuh perjalanan dari Pangkal Pinang menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum menuju kecamatan Sungai Liat. Dari Pangkal Pinang menuju Pantai Tikus membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Lokasi Pantai Tikus yang berada di pinggir jalan persis membuat pantai ini mudah ditemukan. Anda hanya perlu mengikuti jalan yang menuju desa rebo. Jika sudah sampai di desa Rebo, Anda tinggal mengikuti papan petunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Pantai Tikus.

Jika Anda sedang berkunjung ke Pantai Tikus, jangan lupa untuk mengunjungi pantai lainnya di desa rebo seperti pantai Rebo atau Pantai Tanjung Pesona. Keindahan pantai tersebut juga tidak kalah dari pantai Tikus. Sayang sekali jika sudah sampai di desa Rebo namun tidak menyaksikan keindahan pantai yang lainnya.

Demikian ulasan tentang pantai Tikus. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi saat Anda berlibir ke Kepulauan Bangka Belitung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar