Sabtu, 29 Oktober 2016

Pantai Lasiana, Destinasi Wisata Alam Menawan di Kota Kupang

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Kupang, jangan lupa untuk menyempatkan datang ke Pantai Lasiana. Salah satu pantai yang indah di kota Kupang ini menyuguhkan panorama yang sangat menawan dan eksotis. Dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru, Pantai Lasiana akan membuai Anda dalam suasana pantai yang semilir.

Pantai Lasiana, Destinasi Wisata Alam Menawan di Kota Kupang


Lokasi dan Akses Menuju Pantai Lasiana

Pantai Lasiana tepatnya berada di Kota Kupang, salah satu kota yang terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai Lasiana ini berada di Pulau Timor tepatnya di bagian barat laut yang merupakan wilayah Indonesia Timur. Dengan karakteristik cuaca yang lebih panas dibandingkan dengan wilayah Indonesia bagian barat, Pantai Lasiana laksana penyejuk bagi masyarakat kota Kupang. 

Pantai Lasiana termasuk pantai yang paling dekat dengan pusat kota. Jarak pusat Kota Kupang dengan Pantai Lasiana hanya berkisar 12 km. Sehingga tak heran jika banyak masyarakat Kupang yang selalu datang memenuhi Pantai Lasiana di setiap akhir pekan. Transportasi menuju Pantai Lasiana sangatlah mudah, karena memang lokasinya yang berada di kota Kupang. Pengunjung yang ingin datang ke pantai ini bisa menyewa mobil atau naik ojek yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar kota kupang. 

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Lasiana

Ciri khas dari pantai Lasiana ini adalah hamparan pasir putihnya yang tidak ada karangnya. Sehingga pantai ini sangat pas untuk berjemur, bersantai, ataupun berenang tanpa khawatir akan terkena karang.  Pengunjung dapat berjemur diatas hamparan pasir di Pantai Lasiana sambil menikmati suara deburan ombak dan angin sepoi sepoi yang berhembus. Jajaran pohon kelapa dan pohon lontar yang ada di sekitar pantai Lasiana membuat panorama di pantai ini semakin terlihat asri dan mempesona. 

Selain jajaran pohon kelapa dan pohon lontar , di sisi barat pantai Lasiana terdapat daratan yang menyerupai bukit kecil. Keberadaan bukit kecil ini menambah keindahan panorama Pantai Lasiana. Di bukit kecil ini juga banyak di tumbuhi oleh pohon lontar dan juga pohon kelapa. Pantai Lasiana juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Pantai Lasiana, Destinasi Wisata Alam Menawan di Kota Kupang


Pengunjung dapat bersantai di lopo-lopo yang berjajar di Pantai Lasiana ini. Lopo-lopo adalah semacam bangunan adat khas timor berupa pondok dengan tiang penyangga di bagian tengahnya yang terbuat dari batang pohon kelapa. Sedangkan atap dari bangunan lopo-lopo ini berasal dari daun kelapa dan daun lontar. Dan terkadang, ditambahkan dengan seng agar atap lebih kuat. Bangunan lopo-lopo ini berjajar berdekatan di sepanjang Pantai Lasiana. Pengunjung dapat bersantai dan duduk-duduk di kursi yang sudah di sediakan pada sekeliling tiang penyangga.

Di Pantai ini pengunjung dapat bercengkrama dengan keluarga sambil menikmati makanan dan minuman yang ada di Pantai ini. Wajib hukumnya untuk minum air kelapa muda jika sedang berada di pantai, termasuk di Pantai Lasiana. Di sini pengunjung dapat memesan air kelapa manis yang dijual di sepanjang pantai ini.  Kelapa muda yang langsung diminun dari batok kelapa yang sudah dibuka pada bagian atasnya ini dapat menyegarkan tenggorokan ditengah cuaca yang panas di Pantai Lasiana.

Selain berjemur dan bersantai, di Pantai Lasiana ini sangat cocok untuk berenang karena tidak ada karang. Sehingga pengunjung dapat bebas berenang di sepantang pantai Lasiana tanpa khawatir terkena karang. Dengan ombak yang tidak begitu besar, berenang di pantai Lasiana akan menjadi salah satu hal yang menyenangkan dilakukan di pantai ini.

Fasilitas yang Ada di Pantai Lasiana

Di Pantai Lasiana ini terdapat fasilitas Kamar Mandi dan WC yang dapat digunakan pengunjung dengan membayar biaya retribusi. Sehingga setelah lelah berenang dan bermain pasir, pengunjung dapat mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu sebelum pulang ke rumah. Selain itu di Pantai Lasiana ini dilengkapi dengan lahan parkir yang luas. Sehingga dapat menampung semua kendaraan pengunjung Pantai Lasiana. 

Jika ingin menginap, di sekitar Pantai Lasiana juga sudah terdapat penginapan dan homestay dengan harga yang terjangkau. Semua fasilitas yang ada di Pantai Lasiana ini disediakan oleh Pemerintah Kota sebagai pengelola. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar